'Audisi' Kuntoro Bukan untuk Jadi Menteri?

VIVAnews - Mantan Ketua Badan Rekonsiliasi dan Rehabilitas Aceh-Nias, Kuntoro Mangkusubroto, belum diketahui akan menjabat apa dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Padahal, Menteri Pertambangan saat era reformasi ini, sudah dipanggil pada hari pertama 'audisi' calon menteri.

"Ada posisi tersendiri, presiden yang tahu," kata juru bicara kepresidenan, Andi Mallarangeng, di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin, 19 Oktober 2009.

Meski begitu, Andi menegaskan bahwa posisi Kuntoro akan diplot menjadi pemimpin lembaga setingkat menteri. Tapi, Andi pun enggan menyebut posisi yang akan dijabat oleh Kuntoro ini.

"Yang pasti, membantu presiden untuk hal-hal tertentu," ujar politisi yang digadang jadi Menteri Pemuda dan Olahraga ini.

Kuntoro Mangkusubroto memenuhi panggilan presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono ke Cikeas. Ia datang tepat pukul 12.45 WIB, Sabtu 17 Oktober 2009, atau saat hari pertama audisi.

Ia merupakan salah satu orang yang ikut menggodok program 100 hari pemerintahan SBY-Boediono. Kuntoro yang lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 14 Maret 1947 merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Pengalamannya di birokrasi tidak diragukan lagi.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Kuntoro memiliki kompetensi sebagai Menko Perekonomian. Namun persaingan di kursi itu sangat kuat. Kemungkinan, Kuntoro bakal menggantikan posisi Taufik Effendy selaku Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara. Tetapi, posisi Menteri PAN ini santer disebut akan dijabat oleh politisi Demokrat, EE Mangindaan.

Kuntoro mengawali karirnya di lingkungan pemerintah saat dia menjadi staf ahli Menteri Muda Urusan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (UP3DN) pada 1983.

Apakah Kuntoro akan menempati posisi untuk Pengelolaan Program Reformasi? Andi Mallarangeng hanya menjawab dengan senyuman.

ismoko.widjaya@vivanews.com

Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024