Tawarkan Muqowam Dampingi Ganjar, PPP Siapkan 3 Skenario

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Partai Persatuan Pembangunan memastikan mengusung petahana Ganjar Pranowo di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Namun, PPP menawarkan kadernya, Ahmad Muqowam untuk menjadi pendamping Ganjar.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy atau Romi meminta masukan para kyai se Jawa Tengah terkait arah politik di Pilgub Jateng.

"Kyai yang dikumpulkan adalah kyai langgar. Kyai majelis syariah PPP se Jawa Tengah," kata Romi di Halaqah Ulama se Jawa Tengah Untuk Kemaslahatan Rakyat di Semarang, Jumat, 1 Desember 2017.

Survei PPI: Popularitas Gibran Unggul di Pilgub Jateng, Faktor Anak Jokowi Cuma 8,1 Persen

Dalam pertemuan tersebut, Romi memaparkan situasi politik nasional hingga peta politik menuju 2019. Dia juga menganalisis kemungkinan peta politik Jawa Tengah. "Kita juga sampaikan berbagai skenario untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah," ujarnya.

Romi juga menerima masukan dari para kyai ini. Dengan masukan tersebut, ia semakin yakin bahwa ikhtiar politik PPP untuk menyandingkan, Muqowam dengan Ganjar. Saat ini komunikasi politik juga terus dilakukan antara PDIP dan PPP.

PPI: Dari Segi Popularitas Bakal Cagub Jateng, Gibran Tertinggi

"Untuk progres ke depannya tentu sekali lagi namanya juga orang ngelamar, ya kami tunggu jawaban yang dilamar," tuturnya.

Menurut dia, Muqowam merupakan sosok ideal untuk menjadi wakil gubernur pendamping Ganjar untuk kedua kalinya. Sebagai kader PPP, Muqowam dianggap mempunyai banyak pengalaman. Selain itu, keduanya sudah saling mengenal saat menjadi wakil rakyat di Senayan. Muqowam pernah menjadi anggota DPR. Saat ini, menjadi anggota DPD.

"Pak Muqowam sangat berpengalaman dan sangat senior. Teman Pak Ganjar di DPR, sekarang anggota DPD RI," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pasangan ini juga merepresentaikan kondisi politik Jawa Tengah yang di kenal sebagai basis PDIP namun tetap dinamis.  Duet Ganjar dan Muqowam menunjukkan masyarakat abangan bisa berdampingan dengan santri untuk membangun Jateng lebih baik kedepan.

Tiga skenario

Romi kembali menegaskan untuk Pilgub Jateng, PPP menyiapkan tiga skenario. Pertama Jateng adalah basis PDIP, dengan ini bagaimana PPP diharapkan bisa menjadi mitra koalisi dalam Pilgub Jateng. "Kami sadar PPP membutuhkan koalisi untuk bisa berangkat dengan niat mengademkan Pilgub Jateng," katanya.

Skenario pertama ini menurut, Romi ada batas waktu, karena pendaftaran Pilkada baru dilakukan pada 8 Januari. "Sehingga akhir Desember kita harus menentukan sikap," tuturnya.

Skenario ke dua, PPP maju sendiri dalam Pilgub Jatim sebagai nomor satu. Menurutnya PPP juga mempunyai kader mumpuni baik di tingkat DPW maupun pusat. "Ada Gus Kamil putra mbah Maimun Zubair. Ada pak Marzuki, Bupati Jepara dan yang lain," jelasnya.

Namun, PPP harus kembali menghitung, elektabilitas, akseptabilitasdan kemampuan mesin partai untuk bergerak. "Ini masih kami dalami dan pertimbangkan," jelasnya.

Sedangkan skenario ketiga adalah membuat poros baru di Pilgub Jateng di luar dua skenario di atas. Untuk mengusung nama yang bisa disepakati bersama dengan anggota poros baru nanti.

"Masukan dari para ulama dan kyai agar kemungkinan skenario ini di jajaki secara seksama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya