DPR Siap Cecar KSAU di Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kini menjadi calon tunggal Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki usia pensiun.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter @_TNIAU

VIVA – Komisi I DPR akan segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon tunggal Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di masa sidang yang masih tersisa dua pekan. Berbagai hal akan ditanyakan komisi bidang pertahanan pada proses uji kelayakan nanti.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

"Semua akan ditanyakan. Saya rasa pilkada juga kesiapan yang harus dimiliki Panglima TNI berikutnya jika nanti mudah-mudahan lancar," kata Wakil Ketua Komisi I, Meutya Hafid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 4 Desember 2017.

Dia menilai, soal Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 memang tak bisa dikesampingkan dalam fokus tugas Panglima TNI. Namun, Meutya mengatakan, bukan hanya itu saja yang akan ditanyakan nanti, tapi juga rekam jejak Hadi. "Termasuk aspek track record, juga laporan kekayaan, itu biasa kita cek semua," ujarnya menambahkan.

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Terkait ada anggapan matra Angkatan Udara diragukan bisa menangani agenda tahun politik, ia yakin Presiden Joko Widodo sudah mempertimbangkan hal ini.

"Apalagi ada kekhawatiran, suara-suara masuk, apakah kalau dari AU akan siap. Ini saya rasa akan menjadi fokus. Tapi kami yakin Presiden sudah memikirkan dengan baik. Tapi, tetap harus konfirmasi dalam fit and proper test terhadap dua ajang demokrasi (Pilkada dan Pemilu 2019) tersebut."

Kisah Unik Jenderal Agus Subiyanto, Pernah Ditolak Daftar Satpam Kini Jadi Panglima TNI

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menerima kedatangan Menteri Sekretaris Negara Pratikno terkait surat pergantian Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Kepala Staf TNI AU Marsekal Hadi Tjahjanjo diajukan Jokowi menjadi calon tunggal Panglima TNI. Selanjutnya, DPR lewat Komisi I akan menentukan jadwal uji kelayakan. (mus)

jenderal bintang 4

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Ada dua perwira tinggi dengan pangkat jenderal bintang empat yang tengah aktif berdinas di TNI. Salah satunya adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024