Partai Pendukung Ridwan Kamil Tak Akur, Rebutan Pos Cawagub

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Sumber :
  • instagram.com/ridwankamil

VIVA – Koalisi partai politik pendukung Ridwan Kamil tak akur dan saling mengancam mencabut dukungan mereka kepada sang calon gubernur Jawa Barat untuk Pilkada 2018 itu. Penyebabnya ialah berebut posisi calon wakil gubernur sebagai pendamping Ridwan.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Kemarin, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengultimatum Ridwan agar memilih satu di antara dua kadernya sebagai calon wakil gubernur. Kalau tidak, apalagi jika yang dipilih kader partai lain, PKB memastikan mencabut dukungan dan keluar dari koalisi.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga membuat ancaman serupa. Partai berlambang Ka'bah itu menagih janji Ridwan tentang komitmen memilih kader mereka, yaitu Uu Ruzhanul Ulum, sebagai calon wakil gubernur.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

PPP mengklaim, sedari awal partai itu menyatakan mendukung Ridwan, mereka sudah menyodorkan Uu Ruzhanul Ulum. "Sudah dipaketkan. Itu sudah ditandatangani (Ridwan Kamil) di SK(surat keputusannya)-nya," kata Sekretaris PPP Jawa Barat, Pepep Syaiful Hidayat, di Bandung pada Rabu, 20 Desember 2017.

Ketua Umum PPP pun, lanjut Pepep, sering mengingatkan komitmen Ridwan Kamil tentang nama Uu itu, dan mendesak segera dideklarasikan. Desakan itu diperkuat dengan hasil survei tentang popularitas dan elektabilitas Uu yang diklaim terus meningkat.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

"Dengan data dan fakta saat ini, masa (Ridwan Kamil) masih ragu memilih Pak Uu. Kami PPP tidak ragu mengusung Pak Uu. Kita sudah tegas akan menarik dukungan jika Pak Uu tidak terpilih," katanya.

Golkar dan PKB

Urusan kandidat wakil gubernur untuk Ridwan Kamil memang menjadi masalah pelik di dalam koalisi partai pendukung. Masing-masing partai memperebutkan posisi itu dan meningkatkan daya tawar dengan macam-macam ultimatum.

Partai Golkar sudah mencabut dukungan kepada Ridwan Kamil gara-gara masalah itu juga. Nama Daniel Muttaqien Syafiudin disodorkan. Golkar memberikan tenggat sampai 25 November namun tiada kabar hingga tiga pekan berlalu. Baca: Ridwan Kamil Digoyang, Dedi Mulyadi Ancang-ancang

PKB mengklaim aspirasi basis pendukung dan para kiai serta pengurus menghendaki kadernya, yaitu Maman Imanulhaq (anggota Dewan Syura PKB) dan Syaiful Huda (Ketua PKB Jawa Barat), menjadi pendamping Ridwan Kamil.

Partai besutan mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur segera bereaksi ketika mendengar desas-desus bahwa Ridwan akan memilih Uu Ruzhanul Ulum.

"Jika iya pilihannya Kang Emil (Ridwan Kamil) ke Kang Uu, dipastikan PKB check out (keluar/hengkang) dari dukungannya (baca: partai koalisi pendukung Ridwan Kamil)," kata Sekretaris PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi, di Bandung pada Selasa, 19 Desember 2017. Baca: PKB Hengkang kalau Ridwan Kamil Pilih Kader PPP.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya