Belum Punya Modal? Coba Tiga Pilihan Ide Bisnis Ini

Ilustrasi berbisnis di dunia maya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Banyak orang merasa enggan memulai bisnis karena merasa tidak punya modal. Padahal, memulai sebuah bisnis tidak melulu harus dengan modal besar. Meski, tidak punya uang, bukankah Anda masih memiliki aset yang lain, seperti otak yang masih berfungsi, dua tangan dan kaki yang masih lengkap, serta panca indra yang semuanya masih berfungsi dengan sempurna.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Nah, maka dari itu, jika Anda benar-benar tidak memiliki uang atau modal dengan jumlah terbatas, bukan berarti Anda tidak memiliki opsi lain jika ingin memiliki bisnis sendiri. Maka, sangat mungkin jika Anda memulai bisnis dengan uang yang tidak banyak, jika Anda memiliki kombinasi tepat atas keterampilan, etos kerja, dan cara pemasaran.

Chris Guillebeau, penulis The US$100 Startup menyatakan, “Untuk menjadi sukses dalam proyek bisnis, khususnya sesuatu yang Anda senangi, akan membantu untuk memikirkan tentang keterampilan yang Anda miliki yang dapat membantu orang lain.” Berikut beberapa opsi atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis saat Anda hanya memiliki modal kecil atau bahkan tidak ada uang sama sekali.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Bahuri Pernah Minta Uang Rp50 Miliar
Pendeta Gilbert Lumoindong

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Masyarakat Indonesia sedang ramai diperbincangkan oleh tindakan yang dilakukan oleh anak Pendeta Gilbert, Garren Lumiondong, yang diduga meminta uang anggota jemaatnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024