Babak I: Belanda Unggul Tipis atas Jepang

Pemain Belanda, Rafael van der Vaart
Sumber :
  • REUTERS/Radu Sigheti
VIVAbola –
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda
Timnas Belanda memimpin 2-1 atas Timnas Jepang di babak pertama pertandingan persahabatan yang digelar di Cristal Arena, Genk, Belgia, Sabtu 16 November 2013. Dua gol Belanda ke gawang Jepang dicetak Rafael van der Vaart dan Arjen Robben. Sedangkan gol Jepang dicetak Yuya Osako.

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Jepang mampu memberikan perlawanan di awal-awal babak pertama. Umpan-umpan pendek mereka sempat merepotkan barisan pertahanan De Oranje. Sebuah peluang diperoleh Jepang pada menit ketujuh lewat Shinji Okazaki, sayang belum membuahkan hasil.
Manajer Southampton Tolak Tawaran Jadi Pelatih Belanda


Namun, Belanda malah mampu mencuri gol untuk membuka keunggulan pada menit ke-13, yang dicetak Rafael van der Vaart. Gol ini lahir berkat blunder bek Samurai Biru, Maya Yoshida yang salah mengantisipasi sundulan, bola liar disambar Van der Vaart yang langsung melepaskan sepakan ke gawang Jepang.


Gol itu membuat kepercayaan diri pemain-pemain Belanda meningkat. Tim asuhan Louis van Gaal kian rajin melancarkan serangan ke pertahanan Jepang. Bahkan, Jeremain Lens nyaris menggandakan keunggulan Belanda pada menit ke-22. Sayang sepekannya masih melebar karena terbentur kaki pemain belakang Jepang.


Jepang pun masih mencoba membongkar pertahanan lawan,tapi berulangkali gagal karena lini belakang Belanda bermain disiplin. Malah gawang Jepang yang kembali bobol pada menit ke-39 melalui tembakan kaki kiri Arjen Robben dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan jeli Van der Vaart.


Namun, Jepang tak tinggal diam, mereka mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 lewat sontekan Yuya Osako memanfaatkan umpan Makoto Hasebe pada menit ke-44. Hingga babak pertama berakhir, skor 2-1 tetap bertahan. 


Susunan pemain kedua tim:


Belanda: Cillessen; Blind, De Vrij, Vlaar, Janmaat; N. De Jong; Van der Vaart, Strootman; S. De Jong, Robben; Lens.


Jepang: Nishikawa; Nagatomo, Yoshida, Konno, Uchida; Hasebe, Yamaguchi; Kiyotake, Honda, Okazaki; Osako.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya