Enam Terobosan Baru di Piala Dunia 2014

semprotan penanda akan digunakan di Piala Dunia 2014
Sumber :
VIVAbola
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik
- Seiring perkembangan zaman serta teknologi, banyak kemajuan yang dibuat pada perhelatan Piala Dunia 2014, dan berikut 6 di antaranya:

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

1. Teknologi garis gawang
Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan
Ini merupakan kali pertama penerapan teknologi garis gawang di Piala Dunia. Setelah melalui perdebatan panjang, FIFA akhirnya mengesahkan penggunaan teknologi ini supaya ke depannya tak ada lagi gol-gol kontroversial.

FIFA mengenalkan teknologi garis gawang pada Piala Dunia Antar Klub 2012 di Jepang. Mereka kemudian menguji lagi di level internasional pada perhelatan Piala Konfederasi tahun lalu.


2. Vanishing Spray
Pada Piala Dunia 2014 bakal melihat wasit membawa botol spray yang nantinya digunakan untuk menandai posisi tendangan bebas atau pagar yang dibuat pemain. Material spray itu adalah busa yang akan hilang dalam beberapa menit.


3. Jersey
Terobosan baru dibuat oleh salah satu produsen jersey atau kostum untuk Piala Dunia 2014. Mereka tak hanya membuat jersey yang nyaman dipakai, namun juga memiliki teknologi untuk menjaga kondisi fisik pemain.


Produsen tersebut menggunakan bahan spesial yang mampu memaksimalkan kerja otot, namun tetap menjaganya dari kelelahan.


4. Bola
Brazuca adalah bola resmi untuk Piala Dunia 2014 ini. Ini adalah pengembangan dari Tango 12 yang menjadi bola resmi Piala Eropa 2012. Salah satu teknologi yang ditawarkan, berat Brazuca tak akan berubah dalam kondisi cuaca apa pun.


Untuk pengembangan bola ini, Adidas selaku produsen telah melakukan uji coba berkala selama dua tahun belakangan. Brazuca dibuat di Sialkot, Pakistan.


5. Sepatu pemain
Jelang Piala Dunia 2014, produsen perlengkapan olahraga berlomba-lomba membuat sepatu anyar sekaligus canggih. Salah satu yang paling menarik adalah hadirnya sepatu yang menyatu dengan kaus kaki.


6. Penentuan nama bola resmi lewat voting

Ini adalah kali pertama nama bola resmi Piala Dunia dipilih melalui voting. Brazuca terpilih setelah mendapat 77 persen suara, mengungguli dua nama lain, yakni Bossa Nova dan Carnavalesca. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya