Grup B

SPANYOL

Timnas Spanyol melakukan foto tim jelang Piala Dunia 2014
Sumber :
  • REUTERS
Julukan:
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
La Furia Roja, Tim Matador

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Asosiasi: Real Federacion Espanola de Futbol (RFEF)
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana

Konfederasi:
UEFA (Eropa)

Pelatih:
Vicente del Bosque

Kapten:
Iker Casillas

Prestasi terbaik:
Juara (2010), Peringkat 4 (1950)

Penampilan ke:
13 (1934, 1950, 1962, 1966, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, 2006, 2010)


Profil Singkat

Berstatus sebagai juara bertahan dan pemegang ranking 1 FIFA, Spanyol bertolak ke Brasil dengan misi penting menjadi negara Eropa pertama yang mampu mempertahankan gelar juara dunia.


Tampil dengan gaya dan pemain yang berhasil mendominasi Eropa selama 5 tahun terakhir, La Furia Roja tampil menjanjikan sepanjang kualifikasi tanpa terkalahkan meski harus bersaing dengan Prancis di Grup I.


Namun, grafik menurun justru tampak saat Sergio Ramos, Xavi, Iniesta dan kawan-kawan berlaga pada Piala Konfederasi 2013 yang lalu. Di laga puncak,


Spanyol tampil buruk dan takluk oleh tuan rumah Brasil 0-3. Hal ini makin menguatkan persepsi akan belum optimalnya konsistensi performa serta regenerasi dari para punggawa tim Matador usai turnamen pemanasan jelang Piala Dunia tersebut.


Adapun kurang gregetnya penampilan mereka kini diduga akibat sudah mulai mudah ditebak lawan. Publik tentunya masih menantikan aksi menawan ala tiki-taka pasukan Vicente del Bosque di tengah sengitnya persaingan awal di Grup B yang menempatkan mereka bersama Belanda, Chile dan Australia. Jika beruntung, Spanyol akan tetap menemui jalan terjal di babak selanjutnya untuk bisa mencatatkan rekor fantastis.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya