Grup C

KOLOMBIA

Striker timnas Kolombia, Radamel Falcao.
Sumber :
  • REUTERS/Ivan Alvarado
Julukan:
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
Los Cafeteros

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Asosiasi: Federacion Colombiana De Futbol (FCF)
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana

Konfederasi:
Conmebol

Pelatih:
Jose Pekerman

Kapten:
Mario Yepes

Prestasi terbaik:
16 besar Piala Dunia 1990

Penampilan ke:
5 (1962, 1990, 1994, 1998, 2014)


Profil Singkat

Kolombia akhirnya kembali tampil di Piala Dunia setelah absen dalam tiga edisi sebelumnya. Bahkan, Kolombia lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil dengan status runner up di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona CONMEBOL. Mereka hanya terpaut dua poin dari Argentina yang menempati posisi 1.


Untuk peringkat di FIFA, Kolombia pun melejit ke papan atas, bahkan pada Agustus 2013, mereka sempat menempati posisi 3 di ranking FIFA. Fakta ini menyiratkan bahwa Los Cafeteros memang tengah memasuki era keemasan.


Indikasi Kolombia akan mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2014 adalah performa mereka yang terbilang stabil dua tahun belakangan. Kolombia mampu mengimbangi tim-tim kuat seperti Brasil, Argentina, dan Belanda, meskipun bermain tandang.


Skuad Kolombia terbilang tangguh pada Piala Dunia kali ini, karena berisi pemain-pemain yang berkiprah di kompetisi bergengsi Eropa seperti Fredy Guarin, Cristian Zapata, James Rodriguez, dan Juan Guilermo Cuadrado. Sayangnya, pelatih Jose Pekerman bisa dibilang kehilangan setengah kekuatannya di Piala Dunia 2014 Karena tak bisa memainkan Radamel Falcao yang cedera.


Tergabung dengan Pantai Gading, Yunani, dan Jepang di Grup C, Kolombia difavoritkan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Jika itu terjadi, Kolombia akan mengulangi prestasi terbaik kala lolos ke 16 besar pada Piala Dunia 1990 di Italia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya