Grup C

YUNANI

Timnas Yunani
Sumber :
  • UEFA.com
Julukan:
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
Ethniki, Piratiko (The Pirate Ship), Galanolefki (Sky blue-white)

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Asosiasi: Hellenic Football Federation (HFF)
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana

Konfederasi:
UEFA (Eropa)

Pelatih:
Fernando Santos

Kapten:
Giorgos Karagounis

Prestasi terbaik:
fase grup

Penampilan ke:
3 (1994, 2010, 2014)


Profil Singkat

Yunani mengguncang dunia saat menjuarai Piala Eropa 2004. Dengan mengandalkan pertahanan rapat dan serangan balik cepat, Ethniki menjadi juara dalam partisipasi kedua di Piala Eropa.


Sayangnya, sejak saat itu tak ada lagi kejutan yang bisa diciptakan Yunani. Yunani kembali ke habitatnya sebagai “tim pelengkap”. Selaku juara bertahan, Yunani hancur lebur di Piala Eropa 2008. Tim Dewa Dewi ini gagal mengumpulkan satu pun poin dan hanya mencetak 1 gol.


Mereka menjadi juara bertahan pertama yang harus tersingkir tanpa mendapat poin. Sebelumnya, Yunani bahkan gagal melangkah ke Piala Dunia 2006.


Tak ada prestasi istimewa Yunani di Piala Dunia. Dari 2 partisipasi sebelumnya, Ethiki selalu gagal lolos dari penyisihan grup. Di Piala Dunia 1994, Yunani gagal lolos dengan rekor memalukan: 3 kali kalah, tanpa mencetak gol dan kebobolan 10 gol.


Prestasi Yunani membaik  di Piala Dunia 2010. Meski gagal lolos, Yunani sanggup meraih satu kemenangan melawan Nigeria. Mereka mencetak 2 gol dan kebobolan 5 gol.


Yunani berpeluang memperbaiki rekor di Piala Dunia 2014. Tim besutan Fernando Santos ini cukup beruntung terhindar dari tim-tim bertradisi kuat. Mereka akan menghadapi Kolombia, Pantai Gading, dan Jepang di Grup C.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya