Grup F

BOSNIA HERZEGOVINA

Gelandang Bosnia, Izet Hajrovic
Sumber :
  • REUTERS
Julukan:
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
Zmajevi (Dragons), Zlatni Ljiljani (Golden Lilies)

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Asosiasi: Nogometni/Fudbalski Savez Bosne i Hercegovine (N/FSBiH)
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana

Konfederasi:
UEFA (Eropa)

Pelatih:
Safet Susic

Kapten:
Emir Spahic

Prestasi terbaik: 
debut

Penampilan ke:
1 (2014). Pada 1930-1990, Bosnia masih tergabung dengan Yugoslavia.


Profil Singkat

Piala Dunia 2014 akan menjadi sejarah bagi Bosnia-Herzegovina. Ini adalah kali pertama tim berjuluk Zmajevi ini tampil di Piala Dunia setelah terpecah dari Yugoslavia pada 1992. Bosnia menjadi satu-satunya tim debutan di Brasil nanti.


Bosnia sebenarnya memiliki kesempatan tampil di Piala Dunia 2010. Sayangnya, mereka takluk 0-2 dari Portugal di partai playoff. Bosnia akhirnya lolos ke Piala Dunia 2014 dengan status juara grup G, unggul selisih gol atas juara Euro 2004, Yunani.


Dengan pemain-pemain seperti Edin Dzeko (Manchester City), Miralem Pjanic (AS Roma), dan Emir Spahic (Bayer Leverkusen), Bosnia layak diperhitungkan sebagai salah satu kuda hitam. Terbukti, di laga uji coba jelang Piala Dunia, mereka sukses menekuk Pantai Gading 2-1 dan Meksiko 1-0.


Bosnia tergabung di Grup F bersama Argentina, Iran, dan Nigeria. Di atas kertas, hanya Argentina yang memiliki kekuatan di atas Bosnia. Dua tim lainnya relatif seimbang. Dengan sedikit keberuntungan, Bosnia bisa melaju ke babak 16 besar.


Bosnia akan melakoni debut Piala Dunia dengan menghadapi lawan berat, Argentina pada 15 Juni 2014 di Estadio Maracana. Selanjutnya, mereka akan menjajal kekuatan Nigeria pada 21 Juni dan Iran pada 25 Juni 2014.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya