Grup G

GHANA

Andre Ayew (10) bersama pemain Ghana lainnya.
Sumber :
  • REUTERS/Louafi Larbi
Julukan:
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
The Black Stars

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Asosiasi: Ghana Football Association (GFA)
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana

Konfederasi: CAF (Afrika)

Pelatih:
Akwasi Appiah

Kapten:
Asamoah Gyan

Prestasi:
8 Besar (2010)

Penampilan ke:
3 (2006, 2010, 2014)


Profil Singkat

Dari 5 peserta Piala Dunia 2014 dari Afrika, Ghana menjadi tim yang pantas diperhitungkan kiprahnya. Berkaca dari Piala Dunia 2010, Ghana layak jadi Kuda Hitam.


Baru dua kali mengikuti Piala Dunia pada 2006 dan 2010, Ghana menjadi ancaman kemapanan raksasa sepakbola dunia. Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, Ghana berhasil menembus fase 16 besar.


Namun, keberuntungan tidak memihak Ghana. Mereka sudah harus bertemu lawan kuat, Brasil. The Black Stars menelan kekalahan 0-3. Hasil tersebut memaksa mereka pulang lebih cepat.


Empat tahun kemudian, Ghana mencoba peruntungannya lagi. Penampilan Ghana lebih menjanjikan, mereka mampu menembus perempatfinal. Di babak 16 besar, The Black Stars menyingkirkan Amerika Serikat 2-1.


Cerita dramatis dimulai dari sini. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal membuat pertandingan berlanjut ke babak extra time. Ghana nyaris melangkah ke semifinal jika striker Uruguay, Luis Suarez, tidak menahan bola tendangan Stephan Appiah dengan tangan. Pertandingan akhirnya dilanjutkan ke adu penalti yang dimenangkan Uruguay dengan skor 4-2.


Menatap Piala Dunia 2014, Ghana tampil menjanjikan. Di babak penyisihan grup D zona Afrika, Ghana memetik 5 kemenangan dan 1 kali kekalahan. Hasil tersebut membuat Ghana tampil sebagai juara grup.


Di fase selanjutnya, Ghana berhasil mengalahkan raksasa Afrika, Mesir dengan agregat 7-3. Kemenangan atas Mesir membuat Ghana menyabet satu tiket ke

Piala Dunia.


Progres Ghana bisa menjelma jadi kekuatan yang disegani di Afrika tidak lepas dari pemain mereka yang tersebar di berbagai klub Eropa. Michael Essien, Kwadwo Asamoah, Sulley Muntari, dan Andre Ayew merupakan deretan pemain Ghana yang merumput untuk tim Benua Biru.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya