Bantai Jepang, Kolombia Segel Puncak Klasemen

Jackson Martinez (21) usai membobol gawang Jepang.
Sumber :
  • REUTERS/Eric Gaillard
VIVAbola - Kolombia menegaskan posisinya di puncak klasemen Grup C Piala Dunia 2014, usai mengalahkan Jepang 4-1 pada laga terakhir. Empat gol kemenangan Tricolor dicetak Juan Cuadrado, Jackson Martinez (dua gol), dan James Rodriguez.
Kata Martino Usai Argentina Raih Kemenangan Perdana

Bertanding di Arena Pantanal, Cuiabá, Rabu 25 Juni 2014 dini hari WIB, Jepang, yang membutuhkan kemenangan untuk lolos, bermain agresif. Pada menit 13, mereka memiliki peluang lewat Atsuto Uchida, meski belum bisa menghasilkan gol.
James Rodriguez Picu 'Perang' Real Madrid Vs Kolombia

Selanjutnya, justru Kolombia yang mampu unggul lebih dulu. Pada menit 17, Juan Cuadrado mencetak gol keunggulan lewat titik putih. Penalti tersebut didapat setelah Adrian Ramos dilanggar Yasuyuki Konno di dalam kotak penalti Jepang. Skor 1-0.
Pelatih Kolombia Tak Ingin Campuri Urusan Falcao di MU

Beberapa detik jelang laga usai, Jepang akhirnya menyamakan kedudukan lewat Shinji Okazaki. Berawal dari umpan yang dilepaskan Keisuke Honda, bola kemudian ditanduk Okazaki ke dalam gawang. Dan, hingga turun minum, kedudukan 1-1.

Memasuki paruh kedua, pertandingan berjalan kian menarik. Di tengah usaha Jepang untuk membalikkan keadaan, Kolombia menambah gol lewat Jackson Martinez, memanfaatkan umpan James Rodriguez. Kedudupan pun berubah, menjadi 2-1. 

Selanjutnya, Jepang belum menyerah. Namun, pada menit 82, justru Kolombia yang memperlebar jarak menjadi 3-1. Berawal dari serangan balik, Martinez menguasai bola di sisi kanan, dan melepaskan tembakan kaki kiri dan membuat bola masuk ke gawang.

Seakan belum puas, tim asuhan Jese Pekerman tersebut menambah gol lewat aksi brilian Rodriguez pada menit 89, memanfaatkan umpan Adrian Ramos. Dan, hingga wasit mengakhiri pertandingan, kedudukan tetap 4-1 untuk kemenangan Kolombia.

Dengan hasil tersebut, Kolombia mantap di puncak dengan poin sembilan, dan ditemani oleh Yunani, yang pada laga lainnya menang 2-1 atas Pantai Gading. Sedangkan Jepang tersingkir usai menduduki posisi buncit. 

Susunan pemain
Jepang: Eiji Kawashima; Atsuto Uchida, Yasuyuki Konno, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Toshihiro Aoyama (Hotaru Yamaguchi 62'), Makoto Hasebe; Shinji Okazaki (Yoichiro Kakitani 69'), Keisuke Honda, Shinji Kagawa (Hiroshi Kiyotake 85'); Yoshito Okubo

Kolombia: David Ospina (Faryd Mondragon 85'), Eder Alvarez Balanta, Santiago Arias, Carlos Enrique Valdes, Pablo Armero, Alexander Mejia, Fredy Guarin, Juan Cuadrado (James Rodriguez 46'), Juan Fernando Quintero (Carlos Carbonero 46'), Gustavo Adrian Ramos, Jackson Martinez
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya