Tampil Sempurna, Belanda Malah Banjir Kritik

Timnas Belanda
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples
VIVAbola - Belanda tampil sempurna di sepanjang penyisihan grup Piala Dunia 2014. Namun, publik justru mengkritik kiprah skuad De Oranje di Piala Dunia 2014. Ada apa?
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Usut punya usut, publik Belanda kecewa dengan gaya permainan yang diusung pelatih Louis van Gaal di Piala Dunia kali ini. Van Gaal memang menerapkan taktik dan strategi yang berbeda untuk Belanda.
Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Pelatih 62 tahun itu meninggalkan permainan total football yang sudah lama diusung oleh Belanda. Permainan efektif dan cerdas menjadi pilihan Van Gaal di Piala Dunia 2014 ini.
Manajer Southampton Tolak Tawaran Jadi Pelatih Belanda

Mereka lebih banyak bertahan dan melakukan serangan balik demi bisa mencetak gol. Bos Ajax Amsterdam, Frank De Boer, mengaku sangat kecewa dengan taktik dan strategi yang diterapkan Van Gaal di Brasil.

"Dari hati, saya tidak setuju. Saya ingin bermain dengan sistem penguasaan bola yang bagus. Perubahan taktik dan strategi tidak akan mengubah hasil secara cepat," ujar De Boer seperti dilansir Mirror.

Faktanya, Belanda bisa lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup B dengan nilai 9 dari 3 laga. Mereka mencetak 10 gol dari 3 pertandingan di penyisihan grup. 

Jika dilihat dari statistik, catatan ini terhitung luar biasa. Pasalnya, Belanda tidak pernah menguasai bola hingga 50 persen di tiga laga penyisihan grup.

"Yang penting mencetak gol lebih banyak dari lawan. Saya sudah bilang itu sebelum Piala Dunia," kata Van Gaal. "Sederhana saja, kami ini sudah tampil lebih dari yang saya harapkan. Kami hanya butuh tiga kemenangan dan akan sampai di final. Saya tahu di Belanda kami banjir kritik," timpal winger Belanda, Arjen Robben. (umi)

Baca berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya