Ini Alasan Van Gaal Ganti Kiper Jelang Adu Penalti

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal bersama kiper Tim Krul.
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Moraes
VIVAbola - Louis Van Gaal menunjukkan tajinya sebagai pelatih dengan segudang pengalaman. Jelang adu penalti, pelatih berusia 62 tahun tersebut mengambil keputusan brilian, yang akhirnya mengantarkan Belanda ke semifinal Piala Dunia 2014.
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Pada menit 120+1 atau jelang extra time berakhir, Van Gaal menarik kiper utama Jasper Cillessen dan memasukkan Tim Krul. Hal tersebut ternyata tepat, karena Krul menjadi pahlawan, dengan dua penyelamatan, yang membuat Oranje menang 0-0 (4-3).
Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Berkomentar tentang hal tersebut, Van Gaal mengatakan kalau dia memang sudah memiliki skenario jika laga harus diakhiri dengan adu penalti. "(Jelang adu penalti), kami merasa Krul adalah pilihan yang lebih baik," kata Van Gaal dilansir Football-Italia. 
Manajer Southampton Tolak Tawaran Jadi Pelatih Belanda

"Kami sudah memberi tahu Krul kalau dia akan mengemban tanggung jawab untuk adu penalti, tapi kami tak bilang pada Cillessen. Kami tak ingin mengganggu persiapannya (sebagai kiper utama)," lanjut pelatih yang bakal menukangi Manchester United itu.

Kendati demikian, ditegaskannya bahwa hal tersebut hanya berlaku untuk adu penalti. "Tak perlu ditanyakan lagi, tentu saja Cillesen yang bakal menjadi starter pada pertandingan berikutnya," kata mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu.

Setelah menang atas Kosta Rika di babak perempatfinal, Belanda bakal menghadapi Argentina, yang pada laga lainnya menundukkan Belgia 1-0. Pertandingan tersebut bakal digelar di Arena de São Paulo, São Paulo, Kamis 9 Juli 2014 pukul 03.00 WIB. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya