8 Fakta di Balik Lolosnya Belanda ke Semifinal

Para pemain Belanda usai memastikan diri ke semifinal Piala Dunia 2014.
Sumber :
  • REUTERS/Marcos Brindicci
VIVAbola - Belanda akhirnya menjadi tim terakhir yang memastikan tempat di semifinal Piala Dunia 2014. Hal tersebut didapat setelah tim asuhan Louis Van Gaal tersebut menyingkirkan Kosta Rika lewat drama adu penalti.
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Belanda sebenarnya bermain dominan dan menekan. Namun, kokohnya lini pertahanan La Sele, ditambah cemerlangnya performa Keylor Navas membuat Robin Van Persie dan kawan-kawan gagal mencetak gol di waktu normal dan extra time. Di babak adu penalti, Oranje akhirnya menang dengan skor 4-3. 
Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Sejumlah fakta menarik pun hadir mengiringi lolosnya Belanda tersebut. Di antaranya adalah baru pertama kali dalam Piala Dunia, ada pergantian pemain di posisi kiper, sebelum diadakannya adu penalti. Dini hari tadi, Jasper Cillesen digantikan Tim Krul.  
Manajer Southampton Tolak Tawaran Jadi Pelatih Belanda

Berikut 8 fakta di balik lolosnya Belanda, dilansir Opta dan Infostrada:

1. Laga melawan Kosta Rika merupakan penampilan ke-16 Wesley Sneijder di ajang Piala Dunia. Jumlah tersebut merupakan rekor baru bagi Timnas Belanda.

2. Laga dini hari merupakan yang ke-41 bagi Louis Van Gaal dengan status pelatih. Selama ditangani Van Gaal, Oranje hanya kalah empat kali. Sisanya, 26 menang dan 11 kalah.

3. Pada laga kali ini, Belanda 11 kali terperangkap offside. Ini merupakan jumlah terbanyak yang didapat Oranje dalam satu pertandingan di Piala Dunia. 

4. Keluarnya Jasper Cillessen yang digantikan Tim Krul menjadi catatan tersendiri. Pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, ada pergantian kiper jelang adu penalti. 

5. Debut Tim Krul di Piala Dunia menjadi salah satu yang mengagumkan, dengan menggagalkan dua tendangan penalti pemain Kosta Rika. 

6. Keputusan Van Gaal mengganti kiper terbilang cukup berani. Sebelum menggagalkan dua (dari lima) penalti pemain Kosta Rika, Tim Krul --bersama Newcastle United-- hanya mampu menahan dua (dari 20) penalti di kancah Premier League.

7. Pertama kalinya dalam sejarah, Belanda memenangi pertandingan Piala Dunia yang melalui babak extra time. Sebelumnya, Oranje tersingkir empat kali.

8. Sebelumnya, dari sembilan adu penalti  terakhir di Piala Dunia, tim yang menendang pertama selalu menjadi pemenang. Dan, hasil pertandinagan Belanda Vs Kosta Rika pun mematahkan tren tersebut. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya