"Lawan Indonesia, Belanda Wajib Bawa Van Persie"

Robin van Persie
Sumber :
  • REUTERS/Pawel Ulatowski

VIVAbola - Robin van Persie dan lima pemain papan atas timnas Belanda dipastikan tampil saat menghadapi timnas Indonesia pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 7 Juni 2013. Pertandingan Indonesia melawan Belanda juga sudah masuk agenda resmi friendly match international FIFA.

Selain Van Persie, terdapat nama Arjen Robben, Wesley Sneijder, Dirk Kuyt, Klaas Jan Huntelaar dan Rafael van der Vaart. "Mereka pemain wajib yang kami minta kepada KNVB untuk didatangkan dalam pertandingan melawan timnas Indonesia," kata CEO Nine Sport, Arif Wicaksana, selaku promotor pertandingan.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Van Persie sedang bersinar dan menjadi bintang mengantarkan klub anyarnya, Manchester United sebentar lagi menjadi jawara Premier League. RVP juga andalan lini depan timnas Belanda. Sedangkan Sneijder masih menunjukkan sinarnya di Liga Champions bersama Galatasaray.

Melalui rekaman video, pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, mengaku tidak sabar untuk membawa skuadnya ke Indonesia. "Kami tahu para pemain dan timnas kami memiliki pendukung fanatik di Indonesia. Ada ikatan sejarah antara kedua negara, membuat kunjungan ini terasa lebih istimewa," papar Van Gaal.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, berharap kedatangan Tim Oranje ke Indonesia bisa dimanfaatkan maksimal oleh skuad Merah Putih. Djohar menilai laga Indonesia melawan Belanda adalah pertandingan bersejarah.

"Di atas kertas, Belanda memang unggul jauh di atas Indonesia. Namun, seandainya kalah, pemain Indonesia akan mendapat pelajaran berharga dari para pemain Belanda," papar Djohar dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Belanda, Jakarta, Senin 22 April 2013.

Djohar juga memastikan PSSI dan KNVB segera melakukan penandatangan MoU. Direktur Marketing KNVB, Marc Boele, mengatakan pihaknya sudah bersedia untuk mengembangkan sepakbola Indonesia.

"Pekan lalu, KNVB, PSSI dan Kemenpora  telah berdiskusi dan sepakat untuk mengembangkan sepakbola di Indonesia. KNVB akan menawarkan coaching clinic kepada pemain muda, wasit dan pelatih. Jadi, ini akan menjadi hubungan jangka panjang antara KNVB dan PSSI. Tidak sekedar pertandingan," tegas Boele.

Laga persahabatan 7 Juni mendatang juga disambut antusias Duta Besar Belanda, Tjeerd de Zwan. "Para pemain Indonesia akan mendapat pengalaman melawan juara Eropa dan finalis Piala Dunia 2010. Ini akan menjadi pertandingan menarik. Timnas Belanda juga memiliki suporter fanatik di Indonesia," ujar Tjeerd de Zwan. (one)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016