Jacksen Sudah Punya Cara untuk Hadapi Belanda

Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago, sudah memiliki strategi untuk menghadapi Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 7 Juni 2013. Jacksen ingin Boaz Solossa dan kawan-kawan bermain seperti timnas Brasil.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Jacksen menilai gaya permainan timnas Brasil sesuai untuk diterapkan di tim Merah Putih. Permainan yang tidak mengandalkan fisik dan stamina, melainkan kecerdasan. Strategi itu diyakini bisa meredam permainan Belanda.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Saya berusaha membangun sebuah permainan yang sesuai dengan karakter sepakbola Indonesia. Yaitu mengandalkan kolektivitas, kecepatan, mobilitas tanpa bola dan aliran bola dari bawah. Seperti kami di Brasil. Bukan mengandalkan fisik, tapi kecerdasan," ujar Jacksen kepada
VIVAbola
.


"Menurut saya, Belanda adalah tim terbaik kedua di dunia saat ini. Belanda tim yang luar biasa. Brasil pun tidak sanggup kalahkan mereka di Piala Dunia 2010 kemarin," katanya.


Jacksen menegaskan tidak ada perubahan skuad Timnas untuk menghadapi Belanda. Susunan 21 pemain itu adalah skuad bayangan untuk laga Pra Piala Asia 2015 melawan China, 15 Oktober 2013.


"Saya sudah kirim daftar nama sejak lima hari yang lalu. Perubahan tidak ada. Ini kerangka tim untuk menghadapi China di PPA 2015 nanti," ucap pelatih Persipura Jayapura itu.


Jacksen melakukan sejumlah kejutan dalam pemanggilan pemain untuk menghadapi Belanda. Pelatih asal Brasil itu tidak memanggil sejumlah pemain senior seperti Firman Utina, Hamka Hamzah dan Ponaryo Astaman. Jacksen juga tidak memanggil penyerang keturunan Belanda, Irfan Bachdim. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya