PSSI Bentuk Divisi Khusus Pengembangan Pemain Muda

Seleksi Timnas U-14
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Ketua pengembangan usia muda PSSI, La Siya menyatakan pihaknya bakal membentuk Divisi Youth Football Development. Tugas utama Divisi ini adalah mencari dan memperhatikan pembinaan sepak bola yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pembinaan sepak bola Indonesia selama beberapa tahun belakangan memang jalan di tempat. Indonesia seperti kesulitan menghasilkan pemain timnas berkualitas serta pemain berbakat untuk bermain di level timnas.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Agar kendala tersebut bisa teratasi, La Siya menjelaskan PSSI bakal memiliki Divisi baru untuk memantau pengembangan sepak bola usia dini di Tanah Air.

"Salah satu Divisi baru PSSI nanti adalah Youth Football Development. Saya berharap Divisi ini bisa membenahi sistem pencarian pemain berbakat," ujar salah satu Komite Eksekutif PSSI itu dalam jumpa pers di Danone Nation Cup 2013 di Pacific Place, Jakarta, 30 Mei 2013.

Di samping itu, tugas Divisi itu nantinya juga mencegah pencurian umur di dalam kompetisi junior," tambah pria yang juga menjabat sebagai salah satu petinggi Persipura Jayapura itu.

Membentuk Divisi guna memonitor pemain muda sempat ditempuh PSSI. Namun karena terbentur dana, pencarian pemain dari seluruh Indonesia menjadi tidak maksimal.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Saat itu PSSI menunjuk mantan pelatih Persema Malang, Timo Scheunemann menjadi Direktur Pengembangan Usia Muda PSSI

Menurut dia, sah saja bila PSSI memulai cara baru dengan membentuk program untuk membidangi pemain muda. Tapi proses implementasinya tidak boleh asal. Dia meminta PSSI untuk memastikan dana untuk pengembangan pemain muda telah tersedia.

"Tanpa hal itu, rasanya program baru tersebut percuma dan akan sia-sia. Persis saat saya masih berada di PSSI," kata pria berdarah Jerman itu.

Deretan Musisi Indonesia yang Awet Muda di Usia 40an
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016