Waktu Mepet, Jacksen Fokus ke Taktik Hadapi Belanda

Jumpa Pers Timnas Indonesia vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Tim nasional Indonesia akan menghadapi Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelar Bung Karno, Jumat 7 Juni 2013. Skuad Garuda tak memiliki waktu persiapan yang banyak jelang laga ini.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Waktu efektif berlatih Sergio van Dijk dan kawan-kawan cuma dua hari bersama pelatih Jacksen F Tiago. Pasalnya, Jacksen masih harus memimpin Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta, Selasa 4 Juni 2013.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Bandingkan dengan Belanda yang begitu serius. Wesley Sneijder dan kawan-kawan sudah berlatih bersama sejak 29 Mei lalu.


"Kita tidak bisa membandingkan diri dengan Belanda karena jadwalnya berbeda. Kompetisi di sana sudah selesai, sehingga pemanggilan pemainnya mudah. Sementara di sini kompetisi masih jalan," kata Jacksen di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Minggu 2 Juni 2013.


"Saya tahu uji coba ini sangat penting karena sejarah Indonesia dan Belanda. Cuma, kompetisi kita masih jalan saat ini."


Karena waktu mepet, Jacksen takkan lagi membahas masalah teknik kepada 21 pemain yang dipanggilnya. "Jadi, kita fokus taktik saja. Soal teknik dan tekanan, itu sudah pemain dapatkan di kompetisi."


Dari 21 pemain yang dipanggil, ada beberapa kontroversi. Namun demikian, pelatih asal Brasil itu mengaku pemanggilan pemain murni keputusannya dan tidak ada intervensi pengurus PSSI maupun BTN.


"Saya punya kebebasan total memilih pemain. Joko Driyono (CEO PT Liga) sebenarnya bilang saya bisa memanggil 22 atau 23 pemain. Tapi, saya memilih 21 saja. Sebab, pada akhirnya nanti yang terpilih dan masuk daftar cuma 18."


"Jadi, lebih baik buat 3 orang kecewa daripada 4 atau 5 orang. Mubazir kalau dipanggil terlalu banyak. Pokoknya, saya akan fokus ke taktik dan kolektivitas. Semua gambaran di otak saya, itu yang akan saya terapkan."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya