Jacksen Sudah Pelajari Strategi Van Gaal

Jumpa Pers Timnas Belanda vs Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Tim nasional Indonesia akan menghadapi Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelar Bung Karno, Jumat 7 Juni 2013. Pelatih skuad Garuda, Jacksen F tiago, mengaku sudah mengamati permainan Belanda di bawah arahan Louis van Gaal.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Melawan Belanda akan menjadi debut Jacksen sebagai pelatih timnas sejak ditunjuk Badan Tim Nasional (BTN) pada 18 April 2013. Sebelumnya, ia bersama Rahmad Darmawan juga memimpin timnas lawan Arab Saudi, namun saat itu statusnya hanya sebagai pelatih sementara.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Saya nonton rekaman Belanda saat lawan Rumania, Italia dan Jerman. Cukup mudah dapat informasi soal mereka," kata Jacksen di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Minggu 2 Juni 2013.


Meski demikian, hal ini dinilai Jacksen belum cukup. "Saya juga nanti mau berbicara dengan Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo untuk dapat informasi dari mereka. Sehingga, gambarannya jadi lebih jelas."


Van Dijk dan Maitimo memang cukup akrab dengan Belanda. Keduanya tumbuh di sana. "Saya juga baca biografi Van Gaal dan mengetahui konsepnya seperti apa. Saya baca tentang dia di Ajax Amsetdam dan Barcelona. Saya sudah punya catatan sedikit tentang dia."


Sebelum fokus melawan Belanda, Jacksen masih akan mendampingi klubnya, Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta pada Selasa 4 Juni 2013.


"Setelah itu, otak ini akan saya pakai sampai terbakar untuk mempelajari Belanda semaksimal mungkin. Hasilnya, Tuhan nanti yang kasih jalan," ucap pria asal Brasil itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya