Kenapa Irfan Bachdim dan Firman Utina Tak Dipanggil Timnas?

Jumpa Pers TImnas Indonesia vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, memicu kontroversi soal pemanggilan pemain ke skuad Garuda. Ada beberapa nama langganan yang tak dipanggil. Jacksen pun mengungkap alasannya.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Jacksen telah memanggil 21 pemain untuk melawan Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelar Bung Karno, Jumat 7 Juni 2013. Banyak kejutan yang terjadi seperti tak dipanggilnya Hamka Hamzah (Mitra Kukar), Firman Utina (Persib Bandung) dan Irfan Bachdim (Chonburi).
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Saya sudah tahu kemampuan Hamka, Firman dan Irfan. Tapi, saya tidak tahu kemampuan pemain seperti Ahmad Jupriyanto (Sriwijaya FC) dan Raphael Maitimo (Mitra Kukar). Saya ingin melihat kemampuan mereka," kata Jacksen di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Minggu 2 Juni 2013.


Jacksen mengaku ingin memanfaatkan momen laga persahabatan melawan Belanda, Chelsea, Liverpool dan Arsenal dalam dua bulan ke depan untuk eksperimen. "Ini harus dilakukan sebelum kita lawan China di Pra Piala Asia."


"Saya tahu kita punya banyak pemain bagus mulai dari Hasyim Kipuw, Stefano Lilipaly, Ponaryo Astaman, Patrich Wanggai, Titus Bonai, Supardi, Zulham Zamrun dan banyak lagi. Saya tidak buta. Tapi, saya merasa komposisi ini yang terbaik untuk dicoba."


Jacksen menegaskan, dirinya akan melakukan bongkar pasang pemain lagi saat melawan trio Premier League bulan depan. Yang jelas, kata dia, semua pemain punya kesempatan membela timnas.


"Kalau saya punya keyakinan, saya akan pasang pemain itu. Saya yang tahu kemampuan pemain dan psikologis mereka, terlepas dari segala perdebatan. Sebagai pelatih, saya harus menguasai itu. Nama besar pemain tidak penting, yang penting kapasitas."


Jacksen juga mengaku terus memantau pemain timnas di luar negeri seperti Syamsir Alam, Tonnie Cusell dan Stephano Lilipaly. "Saya terus komunikasi melalui email."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya