Jacksen Ungkap Alasan Pencoretan Van Dijk

Liverpool vs Indonesia XI
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Pelatih timnas Indonesia, Jacksen F Tiago, akhirnya mengungkapkan alasan mencoret pemain naturalisasi, Sergio van Dijk dari skuad yang akan beruji coba melawan Filipina, Rabu, 14 Agustus 2013. Menurut Jacksen, keputusan itu terkait kebutuhan tim.

"Pemanggilan pemain untuk melawan Filipina sesuai dengan kebutuhan tim. Kami dari pelatih hanya ingin mencoba dan memberikan kesempatan kepada pemain lain. Pertandingan melawan Filipina memberi saya peluang untuk melakukan itu, karena ini pertandingan persahabatan," jelas Jacksen dalam jumpa pers di Hotel Paragon, Solo, Selasa, 13 Agustus 2013.

Sejak resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Van Dijk memang kerap memperkuat Tim Merah Putih, baik di laga resmi maupun eksebisi. Setelah memperkuat Timnas melawan Arab Saudi dan Belanda, Van Dijk juga tampil saat Timnas bertemu Liverpool dan Arsenal.

Namun, nama Van Dijk tidak dipanggil saat Indonesia beruji coba melawan Filipina. Duel persahabatan ini akan digelar di Stadion Manahan Solo, hari ini, mulai pukul 20.45 WIB.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Stefano Lilipaly

Dalam laga ini, Jacksen justru memanggil pemain naturalisasi lainnya, yakni Stefano Lilipaly. Menurut Jacksen, laga nanti memberikan kesempatan baginya untuk mencoba pemain, termasuk Lilipaly.

Di mata Jacksen, Lilipaly merupakan pemain yang mampu menjadi penghubung lini tengah dan depan. Sebelumnya, Lilipaly beberapa kali sempat dipanggil memperkuat Timnas, termasuk lawan Arab Saudi. Namun, ia batal tampil karena ada masalah imigrasi.

"Beberapa kali pertandingan, dia tidak bisa bermain. Ada masalah dengan klub saat itu dan dengan dokumen (sewaktu lawan Arab Saudi). Lilipaly kami panggil karena kami membutuhkan seorang penghubung antara lini tengah dan depan. Ini menjadi kubutuhan tim saat ini. Kami membutuhkan figur permain seperti itu," sambung Jacksen.

"Karena itu, saya akan memanfaatkan kesempatan melawan Filipina untuk mencoba Lilipaly. Untuk ke depannya, apakah kami memanggil Lilipaly atau tidak, semua kembali kepada pemain lagi," sambung pelatih asal Brasil itu.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Mengenai formasi dan pemain yang bakal diturunkan dalam pertandingan nanti, Jacksen belum bersedia untuk memberikan komentar. "Sesuatu yang bocor itu sudah pasti rusak. Jadi, saya belum bersedia memberikan bocoran pemain yang akan dimainkan dalam pertandingan nanti," ujar Jacksen. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016