Lawan Timor Leste, Indonesia Fokus Benahi Pertahanan

Pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan kemenangan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVAbola - Indonesia akan bertemu Timor Leste pada babak semifinal Piala AFF U-19, Jumat, 20 September 2013. Sebelum tampil di laga krusial ini, Pelatih Garuda Muda, Indra Sjafri, akan membenahi lini belakang timnya.

Barisan pertahanan memang masih menyisakan celah bagi Skuad Garuda. Selama babak penyisihan, Indonesia tercatat telah kebobolan lima kali. Beberapa gol bahkan lahir dari kesalahan mendasar yang dilakukan oleh pemain belakang Garuda Muda.

Indra Sjafri sadar dengan situasi ini. Mantan pelatih PSP Padang itu bahkan menilai, para pemain bertahan Garuda Muda masih sering kehilangan fokus di menit-menit awal pertandingan.

"Kondisi ini akan kami benahi. Para pemain sering kehilangan fokus di awal-awal pertandingan, terlalu terburu-buru, dan tegang. Mereka juga harus menunggu beberapa saat untuk bisa membuat permainan menjadi stabil," kata Indra kepada VIVAbola, Kamis, 19 September 2013.

Namun bukan urusan teknik yang membuat Indra khawatir dengan performa pemain belakangnya saat tampil di Gelora Delta Sidoarjo, besok. Menurutnya, mental bertanding para pemainnyalah yang perlu dibenahi.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Indra mengatakan bahwa para pemainnya masih kaget dengan antusiasme masyarakat Indonesia yang hadir di lapangan. Selain itu, tensi pertandingan di Piala AFF U-19 kali ini juga menurutnya tergolong sangat tinggi.

"Itulah yang terus kami benahi. Dengan dibantu beberapa psikolog, mereka diberikan jalan keluar untuk mengatasi ketegangan dengan diskusi pribadi maupun grup. Semoga hal itu bisa membantu pada laga semifinal nanti."

Meski hanya punya waktu sehari untuk mempersiapkan timnya, Indra sedikit bisa bernafas lega menghadapi semifinal. Pasalnya, dua pemain bertahan yang sempat absen akibat akumulasi kartu, sudah bisa tampil melawan Timor Leste. Mereka adalah Hansamu Yama dan Faturochman.

"Semua siap tempur dan tidak ada masalah dalam hal apapun."

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016