RD: Hasil Undian SEA Games 2013 Cukup Adil

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, tidak ingin anggap enteng meski pasukannya terhindar dari grup neraka di SEA Games 2013. Sebaliknya, RD tetap mewaspadai kekuatan tim-tim di Grup B.

Pada SEA Games yang akan digelar di Myanmar nanti, Indonesia berada satu grup bersama tuan rumah Myanmar, Thailand, Timor Leste, dan Kamboja. Sedangkan Grup A dihuni Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Laos, dan Brunei Darussalam. Malaysia merupakan peraih medali emas pada SEA Games 2009 dan 2011.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, tidak ingin memandang remeh kekuatan lawan-lawan yang akan dihadapi di grup B. Grup ini dihuni tuan rumah Myanmar, Thailand, Timor Leste, dan Kamboja.

"Saya pikir pembagian grup yang cukup adil. Karena ini memang membelah kekuatan di Asia Tenggara. Saya pikir, kami harus fokus terhadap tim-tim yang akan kami lawan," ujar RD saat dihubungi, siang tadi.

Menurut RD, dalam pembagian grup tersebut, Indonesia diuntungkan karena sudah bertemu dengan Timor Leste. Dalam laga uji coba yang digelar 30 Oktober 2013 itu, Indonesia hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Meski saat itu, Timor Leste menurunkan tim gabungan antara pemain senior dan junior.

"Keuntungan yang kami dapat dari pertandingan melawan Timor Leste, kami sudah mengetahui kekuatan mereka. Dan saat menghadapi Timor Leste nanti kami harus mempunyai strategi yang pas dan pengalaman di pertandingan sebelumnya bisa menjadi acuan," jelas RD.

"Sekarang, kami akan melihat kekuatan Thailand, Myanmar dan Kamboja seperti apa," sambung pelatih Arema Indonesia tersebut.

Dari pengamatan RD, Myanmar merupakan calon penantang terkuat melihat permainan mereka dari hasil rekaman video pertandingan.

"Kalau dari hasil sementara yang kami lakukan dengan melihat rekaman video pertandingan, Myanmar memiliki permainan bagus. Untuk Thailand, saya belum melihat pertandingan mereka," beber RD.
 
Selain itu, RD juga mewaspadai kekuatan Kamboja. "Pengembangan usia dini mereka sangat bagus. Karena itu, kami tidak boleh anggap enteng Kamboja dan semua lawan," sambung mantan pelatih Persipura dan Persija tersebut. (one)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016