Piala Asia U-23: Lawan Korsel, Indonesia Berharap Hujan

Indonesia vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-23
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Timnas Indonesia akan bertemu Korea Selatan di laga pamungkas babak penyisihan Grup H, Piala Asia U-23, Selasa, 31 Maret 2015. Usai mengantongi dua kemenangan beruntun, Korsel jadi hadangan terakhir Garuda Muda menuju putaran final.

Eks Bomber Timnas Latih Klub Alumni Pesantren Gontor

Di banding dua lawan sebelumnya, Korsel, diprediksi bakal jauh lebih tangguh. Tim Negeri Ginseng itu kini berada di puncak klasemen Grup H usai mengalahkan Brunei Darussalam 5-0 dan menang 3-0 atas Timor Leste. Korsel unggul selisih gol dari tim Garuda Muda.

"Jika ingin lolos langsung, kami harus menang. Tapi memang harus diakui pertandingan besok akan menjadi sangat berat. Semua tahu bagaimana kualitas Korsel. Mereka punya kualitas tim yang sangat baik," kata asisten pelatih timnas U-23, Muhammad Zein Alhadad, saat ditemui  di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, pagi tadi, Senin, 30 Maret 2015.

Tekad Besar Irfan Bachdim Berlaga di Piala AFF 2016

Indonesia sebenarnya punya skenario lain lain untuk melaju ke babak utama, yakni menjadi sebagai runner up terbaik. Pada turnamen ini, AFC menetapkan lima runner up terbaik di babak penyisihan grup mendapat kesempatan untuk tampil di babak utama Piala Asia U-23.

Di banding runner up grup-grup lainnya, Tim Garuda Muda dengan 6 poin dan agregat gol +7  masih menempati posisi teratas. Menyusul, Yaman, Uzbekistan, Thailand, dan Myanmar.

Tantangan Berat Riedl dalam Menyiapkan Timnas Indonesia

"Tapi, masih belum aman karena masih harus menunggu hasil dari tim lain," ujar Mamak.

Mamak berharap, pasukan Timas U-23 meniru semangat juang Timnas U-19 saat bertemu Korea Selatan di kualifikasi Piala Asia U-19, dua tahun lalu. Saat itu, tim yang ditangani oleh Indra Sjafri tersebut mampu mengalahkan wakil Korea Selatan dengan skor 3-2.

Dalam duel yang juga digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Evan Dimas menjadi pahlawan dengan mencetak hattrick. "Cuaca saat itu hujan. Indonesia sedikit diuntungkan. Saya minta anak-anak bermain dengan semangat tinggi seperti timnas U-19."

Saat bertemu Korsel besok, Mamak juga berharap alam membantu pasukannya. "Satu lagi, kami juga berharap hujan turun. Itu akan menjadi keuntungan bagi kami. Sepakbola ini tak hanya tergantung soal teknis dan tak bisa ditebak hasilnya," sambung pria asal Surabaya itu. (ase)

![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya