Kemenpora Pikir Ulang Kuncur Bantuan Dana ke Timnas

Pemain Timnas Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – Baru-baru ini PSSI menyatakan ingin meminta bantuan kepada pemerintah untuk membiayai timnas Indonesia yang akan tampil di berbagai ajang internasional. Pihak PSSI pun siap melayangkan surat resmi kepada pemerintah terkait permintaan tersebut.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Surat dan proposal pengajuan dana untuk timnas ke pemerintah baru bisa dilakukan PSSI usai menunjuk pelatih baru. Sebab, mereka harus menentukan besaran uang yang dibutuhkan timnas demi menghadapi Piala AFF U-19 dan senior.

Besaran dana nantinya tergantung dari program pelatih terpilih. "Merujuk kebutuhan BTN yang lalu, satu tim saja butuh dana Rp30 miliar," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Toni Aprilani, beberapa waktu lalu.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Terkait permintaan bantuan dana PSSI ke pemerintah, pihak Kemenpora, melalui Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi, Gatot S Dewa Broto, menyatakan belum bisa menjaminnya. Gatot menuturkan saat ini Kemenpora tengah mengalami kondisi keuangan yang sulit.

Bahkan, Gatot menyatakan ada beberapa sektor anggaran dari Kemenpora yang harus dipotong.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

"Surat pengajuan memang belum kami terima, jadi posisinya kami belum bisa menjanjikan. Kami harus lihat kebutuhan PSSI seperti apa. Kondisi keuangan di Kemenpora juga sedang tak bagus," terang Gatot.

Meski begitu, Gatot menyatakan pemerintah bakal mendukung penuh kiprah timnas di berbagai ajang internasional. "Dari yang sudah-sudah, pemerintah selalu ada di dalamnya," ujar Gatot.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya