3 Klub Elite Kompak Tanggapi Perubahan Lokasi Kongres PSSI

Kongres Luar Biasa PSSI 2016
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Perubahan lokasi Kongres PSSI ditanggapi oleh tiga klub elite Indonesia, Persib Bandung, Semen Padang, dan Persipura Jayapura. Ketiganya mengaku setuju dengan kesepakatan yang tercapai saat pertemuan antara Kemenpora dan PSSI tersebut.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Seperti diketahui, kemarin Plt Ketua Umum PSSI, Hinca Pandjaitan, dan Sekretaris Jenderal, Azwan Karim, menemui Menpora, Imam Nahrawi, demi membahas lokasi Kongres. Hasilnya, mereka sepakat menggeser Kongres PSSI dari Makassar ke Jakarta.

Persib, melalui manajer Umuh Muchtar, mendukung keputusan tersebut. Dipilihnya Jakarta sebagai lokasi Kongres, menurut Umuh, merupakan jalan keluar terbaik.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Umuh menyatakan Jakarta memiliki banyak keunggulan ketimbang Makassar. Fasilitas dan akses di Jakarta, bagi Umuh, lebih memadai.

"Kebanyakan klub saya rasa juga sepakat soal Jakarta. Semuanya mudah, fasilitas, tempat, apa pun gampang. Kalau di Jakarta, semua ada penerbangan langsung," kata Umuh kepada VIVA.co.id, Kamis 13 Oktober 2016.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Umuh pun berharap pelaksanaan Kongres PSSI berlangsung tepat waktu. "Kalau mundur bahaya. Kami, klub-klub butuh sesuatu yang baru dan cepat," terang dia.

Sementara itu, CEO Semen Padang, Daconi, merasa sudah seharusnya PSSI mengikuti saran dari pemerintah untuk menggelar Kongres di Jakarta. "Berpikir rasional saja, masa mau pilih tempat yang jelas-jelas tak diberikan izin oleh pemerintah," ujar Daconi.

Pemindahan lokasi Kongres ke Jakarta sebenarnya belum bersifat final. Malam nanti, Komite Eksekutif (Exco) PSSI masih harus menggelar rapat demi membahas masalah tersebut.

Andai Exco setuju, hasilnya masih harus diteruskan ke AFC dan FIFA. Rekomendasi AFC dan FIFA akan menjadi penentu.

"Inisiatif PSSI bertemu langsung dengan Menpora demi mencari solusi. Hasilnya juga baik. Kini, semua pihak hanya tinggal menunggu sikap AFC dan FIFA," tutur Sekretaris Persipura Jayapura, Rocky Bebena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya