Penjelasan Stefano Lilipaly soal Belum Bisa Gabung TC Timnas

Gelandang Stefano Lilipaly di kantor Persija
Sumber :
  • VIVAnews/Satria Permana

VIVA.co.id – Pemain naturalisasi, Stefano Lilipaly, gagal bergabung ke Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan (TC) tahap enam yang digelar 20 hingga 25 Oktober 2016. Lilipaly tak mendapatkan izin dari klubnya, SC Telstar.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Kepada VIVA.co.id, Lilipaly menjelaskan alasan tak mendapatkan izin dari klub. Jadwal Telstar sejak 20 hingga 26 Oktober 2016 terbilang padat.

Jumat, 21 Oktober 2016 nanti, Telstar harus menghadapi Emmen dalam lanjutan Jupiler League Belanda. Selang lima hari, Telstar harus berduel dengan Ado Den Haag, di ajang Piala Belanda.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

"Ya, banyak pertandingan penting bulan ini. Jadi, saya tak bisa ikut dalam TC. Saya berharap bisa ikut dalam TC November mendatang," ujar Stefano, Senin siang, 17 Oktober 2016.

Lilipaly mengaku sudah berbicara kepada manajemen Telstar terkait keinginan bergabung ke timnas. Gelandang 26 tahun itu, menyatakan Telstar telah memberinya izin bergabung ke skuat Merah Putih.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Bahkan, Lilipaly menyebut Telstar memberikan sinyal akan melepasnya jika nanti bergabung ke skuat utama untuk Piala AFF 2016, Filipina-Myanmar. "Saya pikir mereka akan memberikan izin (gabung ke timnas di Piala AFF)," kata Lilipaly.

Kedatangan Lilipaly memang sangat ditunggu oleh pelatih timnas, Alfred Riedl. Asisten pelatih, Wolfgang Pikal, menilai Lilipaly merupakan pemain multifungsi yang sangat berkualitas.

Sejak musim lalu, Lilipaly sudah bermain di delapan posisi. Performanya juga cukup memuaskan. Buktinya, musim ini Lilipaly sudah bermain di 10 laga dan mencetak tiga gol.

"Saya merasa sangat nyaman dengan peran baru di musim lalu. Bermain di segala posisi menambah pengalaman saya. Selama saya dibebaskan untuk beraksi dan bisa menyerang, tak ada masalah," kata Lilipaly.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya