Ezra Walian Lakoni Debut Latihan Bersama Timnas U-22

Penyerang muda Belanda keturunan Indonesia, Ezra Walian.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Radhitya Ardiansyah

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia U-22 melakoni sesi latihan perdana jelang laga uji coba kontra Myanmar. Digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin 20 Maret 2017 sore WIB, sesi latihan diikuti oleh 26 pemain.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Pantauan VIVA.co.id, salah satu pemain yang jadi sorotan media adalah pemain naturalisasi, Ezra Yance Walian. Penyerang Jong Ajax ini melakoni debut latihan bersama Skuat Garuda.

(Baca juga: Ezra Walian Belum Pasti Tampil di Laga Indonesia Vs Myanmar)

Perbedaan Mencolok M Tahir dan Hamka Hamzah soal pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Ezra yang datang ke Indonesia sejak dua hari lalu, tetap mengikuti sesi latihan bersama tim meskipun belum tentu akan bermain. Sebab, proses naturalisasi pemain berdarah Belanda-Manado masih belum rampung.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington, yang turut hadir menjelaskan jika proses naturalisasi Ezra tinggal selangkah lagi. Menurut Ade, pihaknya masih menunggu keputusan Presiden RI, Joko Widodo, untuk membuat Keputusan Presiden soal kewarganegaraan sang pemain.

PSSI Respons Polemik Naturalisasi dan Lokal yang Bikin M Tahir Diserang

"Saya sejak pagi ada di sini. Jadi, saya juga kurang memantau perkembangannya. Tapi saya tegaskan, proses naturalisasi Ezra sudah finalisasi, menunggu Keputusan Presiden," kata Ade kepada wartawan.

"Soal bermain atau tidak semuanya keputusan pelatih. Soal bisa bermain atau tidak dari segi proses (naturalisasi), saya enggak mau berandai-andai atau memberi ekspektasi. Kita tunggu saja proses finalisasinya," ujar Ade.

(Baca juga: DPR Setujui Naturalisasi Pesepakbola Ezra Walian)

Pada Kamis 16 Maret 2017 lalu, Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah mengesahkan proses naturalisasi pemain berusia 19 tahun tersebut. Saat itu, Komisi X terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Selain itu, bukan cuma Ezra yang mendapat kesempatan memperoleh kewarganegaraan Indonesia. Karena ayahnya, Glenn Arthur Walian, juga dinaturalisasi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya