Timnas Indonesia U-16 Kalah Tipis dari Thailand

Pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-15
Sumber :
  • Twitter.com/PSSI_FAI

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia U-16 kalah tipis 0-1 dari Thailand U-16 dalam pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-15 di Chonburi Campus Stadium, Selasa 11 Juli 2017. Skuat Garuda Asia kebobolan ketika pertandingan memasuki menit akhir.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Di babak pertama, pertahanan Timnas U-16 selalu ditekan oleh tim tuan rumah. Beberapa kali mereka mampu membuat bek Skuat Garuda Asia bekerja keras menyelamatkan gawangnya.

Pada pemain Timnas U-16 juga kelihatan sulit keluar dari tekanan. Mereka lebih banyak membuang-buang bola ketika pemain lawan melancarkan serangan.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Beruntungnya bagi Timnas U-16, karena para pemain Thailand tidak melakukan penyelesaian akhir dengan baik. Skor imbang 0-0 menjadi hasil akhir pertandingan babak pertama.

(Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Terus Ditekan Thailand di Babak I)

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Di babak kedua, skuat asuhan Fachry Husaini coba melakukan perubahan bermain. Sisi sayap kiri menjadi lini yang diandalkan guna memberi tekanan kepada pertahanan Thailand.

Pada menit ke-54, Timnas U-16 mendapatkan peluang emas. Amiruddin Bagus Kahfi yang baru semenit masuk menggantikan Rendy Juliansyah melepaskan tendangan keras dari sudut sempit sisi kanan penyerangan.

Sayangnya, bola hasil tendangan keras Amiruddin masih membentur mistar gawang Thailand yang dijaga Anuchid Taweesri. Tempo permainan di awal babak kedua langsung berubah cepat.

Tim tuan rumah membalas serangan pada menit ke-58. Umpan silang yang dilepaskan Suphanat Muenta disambut sundulan oleh Woragon Thongbai. Beruntun bola masih diantisipasi oleh bek Timnas U-19 sehingga gawang masih aman dari kebobolan.

Amiruddin menjadi momok menakutkan bagi lini pertahanan Thailand. Karena pada menit ke-64 dia kembali memberi ancaman. Lari dengan kawalan dua pemain lawan, dia mampu mengakhirinya dengan tendangan ke gawang, namun bola masih bisa ditepis Anuchid.

Thailand sempat membuat gawang Timnas U-16 kebobolan pada menit ke-66. Pongrapod Kaewichi meneruskan umpan silang dari sisi sayap kiri, namun sayang hakim garis telah terlebih dahulu mengangkat bendera tanda dia dalam posisi offside.

Gawang Timnas U-16 yang dijaga Ahludz Dzikri Fikri akhirnya bobol pada menit ke-73. Akselerasi Suphanat melewati dua pemain belakang Skuat Garuda Asia diakhiri dengan tendangan terukur ke sisi kiri yang membuat bola meluncur mulus ke dalam gawang.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda pertandingan usai, skor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan. Kekalahan ini membuat Timnas U-16 belum bisa beranjak dari posisi kelima klasemen sementara Grup A.

Brylian Aldama dan kawan-kawan baru mengumpulkan satu poin hasil bermain imbang 2-2 melawan Myanmar di laga pembuka. Sedangkan Thailand melesat ke posisi pertama dengan raihan tujuh poin.

Susunan pemain

Thailand U-16: Anuchid Taweesri; Kittichai Yaidee, Jakkrapong Sanmahung, Jiramet Janngam, Kittiphong Khetpara, Punnawat Shote Jirachaithon (Thanarin Thumsen 72'), Pongsakorn Innet, Thanakit Thongsri (Worakarn Orfuwong 78'), Sarawut Soawarosc (Panupong Thongman 56'), Woragon Thongbai (Pongparod Kaewichi 63'), Thitiphan Aeksiri (Suphanat Muenta 46')

Indonesia U-16: Ahludz Dzikri Fikri; Muhammad Yudha Febrian, Muhammad Reza Fauzan, Ahmad Rusadi, Miftakhul Septa, Fadillah Nur Rahman, Brylian Aldama, David Maulana, Andre Oktaviansyah, Rendy Juliansyah (Amiruddin Bagus Kahfi 53'), Miftahul Husyen (Althaf Indie Arizky 63')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya