Kontra Laos, Indonesia Kalah di Laga Tak Menentukan

Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-15 2017 Thailand
Sumber :
  • Twitter/@pssi__fai

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-16 melawan Laos di lapangan IPE Chonburi Campus Stadium, Sabtu sore, 15 Juli 2017. Laos menjadi lawan keempat Indonesia di AFF U-15.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Laga ini adalah laga tak menentukan untuk Indonesia. Sebab, dari 3 laga sebelumnya, tim asuhan Fachri Husaini ini kalah 2 kali dan 1 kali imbang. Indonesia sore ini kalah dari Laos dengan skor 2-3.

Kedua tim langsung mengambil inisiatif serangan di 8 menit pertama. Laos lebih banyak membangun serangan dari sektor kiri, sedangkan Indonesia kerap membangun serangan lewat umpan-umpan terobosan.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Indonesia mendapat peluang cantik saat laga berjalan 10 menit. Sebuah umpan dari sepak pojok mampu ditanduk oleh Rendy Julianyah, sayang bola melayang tipis di atas mistar.

Laos akhirnya bisa membuka gol di menit 13 lewat sebuah eksekusi tendangan bebas Khamsavanh Louanthammakhanh dari sisi kanan. Posisi kiper timnas Indonesia yang terlalu maju, membuatnya tak mampu menghalau bola.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

10 menit kemudian, giliran Indonesia yang mendapat peluang menyamakan kedudukan. Sebuh umpan terobosan diterima Rifky Dwi melewati 3 pemain belakan Laos dan tinggal berhadapan dengan kiper Laos, namun Rifky terlihat terburu-buru dalam melepaskan tembakan yang membuat bola melebar.

Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan saat laga berjalan setengah jam. Berawal dari kegagalan Rendy Juiansyah dalam menyelesaikan tembakan yang dihalau kiper Laos, bola liar di dalam kotak penalti sukses disambar Althaf Indie Alrizky.

Injury time babak pertama, Laos berhasil ungul. Soubanh Keopheth mencetak gol di menit 42, yang membuat skor 40 menit babak pertama, 2-1 untuk Laos.

Di babak kedua, Indonesia bisa menyamakan skor menjadi 2-2 di menit 63. Berawal dari aksi individu Amiruddin Bagus melewati 3 pemain belakang Laos, kemudian bola disambar Rendy Juliansyah yang langsung menghujam gawang Thanetavanh Lapnongseng.

Tapi, euforia gol tersebut tak bertahan lama. Karena 1 menit kemudian, Laos mampu kembali unggul lewat gol Soubanh Keopheth, memanfaatkan kelengahan lini belakang Indonesia.

Di injury time babak kedua, Laos terlihat menumpuk pemain di area pertahanan untuk mengunci pergerakan pemain Indonesia. Peluang terbaik Indonesia datang dari tendangan Bagas Kaffa dari dalam kotak penalti di tengah kerumuman, tapi kiper Laos mempu menghalaunya dengan sangat baik. Skor 3-2 tak berubah hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Indonesia U-16:
Pualam Bahari, Amiruddin Bagas Kaffa, Ahmad Rusadi, I Made Dwi Arya Sukawidana (M. Reza Fauzan 16'), Kartika Vedhayanto, David Maulana, Rendy Juliansyah, Althaf Indie (Andre Oktaviansyah 51'), Liba Valentino (M. Yudha Febrian 66'), Amiruddin Bagus Kahfi, Rifky Dwi Septiawan (Yadi Mulyadi 41').

Laos U-16: Thanetavanh Lapnongseng, Xeede Phomsavanh, Songkan Sichanthavong, Noy Phonthongsy, Khamsavanh Louanthammakhanh, Ananthana Chantamaly, Phoutthalak Thongsanith, Phetsavanh Souvannavong, Hatsachanh Phonephavanh, Chony Wenpaserth, Soubanh Keopheth

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya