Jokowi Restui Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Ambisi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, bersama Thailand, mendapatkan dukungan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Melalui surat dukungan resmi, Jokowi mendukung langkah PSSI bersama AFF yang ingin ikut dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034.

PSSI Dukung Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Memang, AFF sudah lama berhasrat untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai tuan rumah Piala Dunia. Namun, pihak AFF sadar tak mungkin Piala Dunia di Asia Tenggara digelar oleh satu negara saja.

Pada akhirnya, dalam AFF Council Meeting yang digelar di Bali, akhir pekan lalu, disepakati bahwa Indonesia dan Thailand mendapat dukungan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 secara bersama-sama.

2 Opsi Indonesia Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034 

"Presiden sudah menyetujui. Ada permintaan dari AFF untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Surat persetujuan atau dukungan pemerintah menjadi tuan rumah sudah dikeluarkan," kata Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, di kantornya, Senin 25 September 2017.

Banyak alasan yang membuat Jokowi setuju untuk mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Penyelenggaraan Piala Dunia di Indonesia, diyakini bisa menjadi katalis dalam pengembangan sepakbola nasional dan pembangunan infrastruktur stadion.

Indonesia Gak Diajak Australia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034? Ini Kata Ketum PSSI

"Belajar dari pengalaman banyak negara, memang ajang Piala Dunia berdampak dari sektor infrastruktur, perbaikan pelayanan, termasuk juga ada keuntungan ekonomi lewat pariwisata dan lainnya," jelas Teten.

Surat dukungan ini ternyata juga sudah diteruskan ke kantor pusat AFF di Petaling Jaya, Malaysia, dan ditujukan langsung kepada Presidennya, HE Sultan Ahmad Shah. (one)

Trofi Piala Dunia

Breaking News: Piala Dunia 2034 Diadakan di Arab Saudi, Indonesia Mendukung

Arab Saudi menjadi kandidat terdepan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 setelah Australia mengumumkan tidak akan mengajukan tawaran kepada FIFA

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2023