PSSI Tunjuk Bima Sakti dan Gonzales Tangani Timnas U-19

Asisten pelatih timnas Indonesia U-22, Bima Sakti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana

VIVA – Indra Sjafri telah dicopot dari jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19 setelah 10 bulan mengemban tugas tersebut. Hingga saat ini PSSI belum menentukan siapa pengganti pria asal Sumatera Barat itu.

Bidik Emas PON 2024, PSSI Sumut Tunjuk Indra Sjafri Jadi Konsultan Tim Sepakbola

Dicopotnya jabatan Indra tak lepas dari gagalnya target yang telah ditetapkan oleh PSSI kepada Garuda Nusantara. Pria 54 tahun gagal mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-18 2017 dan hanya menempati peringkat ketiga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Beruntung, Indonesia tetap lolos lantaran berstatus sebagai tuan rumah.

Meski tak lagi menukangi Egy Maulana Vikri cs, Indra nyatanya mendapat tugas baru dari federasi tertinggi sepakbola Indonesia itu. Dia kini bertugas sebagai pencari bakat (talent scouting) untuk menyaring pemain muda berbakat.

Ada Buffon dan Kaka, Ini 37 Pemain Timnas Indonesia U-20 Vs China

Ternyata, tak butuh waktu lama bagi PSSI untuk mencari pelatih baru. Secara mengejutkan, PSSI menunjuk asisten pelatih Timnas senior, Bima Sakti Tukiman, untuk menjadi pelatih sementara.

"Sementara ini kita akan gunakan Bima Sakti dan Cristian Gonzales. Bima akan dibantu oleh Gonzales tapi dibimbing oleh Luis Milla," ujar Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, saat dihubungi wartawan.

Pos Indonesia Dukung Program Seleksi Timnas Indonesia U-17 dan U-20

"Harapannya, ada peningkatan dari permainan dan berlanjut sehingga nantinya Timnas U-19 dan U-23 bisa saling berhubungan," katanya

Lebih lanjut Edy menyebutkan jika calon pelatih Garuda Nusantara akan berasal dari luar negeri. Dan kemungkinan akan kembali dipilih dari tanah Eropa.

"Kami mau coba rekrut pelatih dari luar. Orang kami (PSSI) sudah coba berkomunikasi. Soal negara mungkin dari Spanyol atau Italia. Akan sesegera mungkin kami umumkan," lanjut Edy.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya