Papua dan Kalimantan Barat Bentrok di Final Piala Pertiwi

Tim Papua di Piala Pertiwi 2017
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA – Final Piala Pertiwi 2017 bakal mempertemukan Kalimantan Barat (Kalbar) dan Papua. Keduanya akan saling jegal demi memperebutkan juara pada 13 Desember 2017 mendatang di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Kalbar melaju ke babak final usai mengalahkan Jawa Barat di partai semifinal. Sempat tertinggal 0-1, skuat asuhan Sofie Imam Faizal akhirnya berbalik unggul setelah melalu perpanjangan waktu.

Melaju ke babak final menjadi torehan luar biasa bagi Kalbar. Sebab, ini kali pertama sepakbola wanita mereka mampu lolos hingga ke babak final.

Industri Sepakbola Makin Menggila, Uang yang Dikeluarkan Capai Ratusan Triliun

"Bersyukur kami mampu lolos ke babak final untuk pertama kalinya. Ini sangat membanggakan dan menjadi hal yang luar biasa bagi Kalimantan Barat. Permainan kedua tim tadi sama-sama menarik, namun kita lebih beruntung," kata Sofie Imam.

Sedangkan di kubu Papua, melangkah ke partai puncak berkat kemenangan atas Bangka Belitung. Bermain dengan skor 3-3 hingga perpanjangan waktu usai, mereka akhirnya memenangkan drama adu penalti.

Gol Jarak Jauh Pemain Timnas Wanita Spanyol, Ujungnya Memalukan

"Kami bersyukur mampu lolos ke final meski harus lewat drama adu penalti. Kita hari ini banyak peluang yang harusnya menjadi gol, namun itu tidak terjadi. Pemain telah berjuang maksimal," kata pelatih Papua, Semuel Welya.

Menghadapi Papua bukan tugas mudah bagi Kalbar. Untuk itu Sofie Imam ingin anak asuhnya bisa fokus selama pertandingan, agar bisa menjadi juara.

"Pada laga final nanti kami akan melawan Papua, kami harus waspada dan fokus agar kami menjadi juara. Yang jelas hari ini kita apresiasi kepada pemain yang bermain luar biasa, kerja keras dan disiplin," tambah pelatih yang berlisensi B AFC ini.

Piala Pertiwi digelar sekaligus sebagai Test Event Road to Asian Games 2018 mendatang. Sebanyak 12 tim peserta ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya