Papua Juarai Piala Pertiwi 2017

Tim Papua di Piala Pertiwi 2017
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA – Papua sukses menjuarai Piala Pertiwi 2017. Kepastian ini usai Dopimina Kogoya cs mengalahkan Kalimantan Barat (Kalbar) dengan skor tipis 2-1 dalam laga final di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Rabu, 13 Desember 2017. 

Industri Sepakbola Makin Menggila, Uang yang Dikeluarkan Capai Ratusan Triliun

Dua gol kemenangan Papua dicetak oleh Rulin Aspalek di menit ke-14 dan Yudith Herlina Sada pada menit ke-43. Sedangkan gol hiburan Kalbar diciptakan Syenida Meryfandina pada menit ke-13. Torehan ini membuat Papua menjadi tim yang sanggup mempertahankan gelar juara yang sebelumnya diraih tahun 2014 lalu.

Pelatih Papua, Semuel Welya bersyukur atas pencapaian ini. Ia menyebut kerja keras pemain menjadi kunci sukses kemenangan timnya hari ini. 

Gol Jarak Jauh Pemain Timnas Wanita Spanyol, Ujungnya Memalukan

"Kami bersyukur mampu mempertahankan gelar juara. Kalbar saya rasa lawan yang kuat dan memberikan perlawanan yang baik pada hari ini. Apresiasi yang luar biasa untuk pemain dan sudah berjuang sejak awal event ini," kata Semuel dalam rilis yang diterima VIVA.

Sementara itu, pelatih Kalbar, Sofie Imam Faizal menilai timnya sudah berjuang maksimal. Ia menyebut Papua lebih beruntung di hari ini. 

Profil Nouhaila Benzina, Pemain Berhijab Pertama di Piala Dunia Wanita

"Kita akui lawan punya kualitas bagus dan laga yang menarik ditampilkan kedua tim. Namun anak-anak Kalimantan Barat hari ini sudah bermain luar biasa. Banyak peluang yang tercipta tetapi gagal menjadi gol," kata Sofie Imam. 

Sebelumnya, Bangka Belitung meraih tempat ketiga. Mereka sukses mencukur Jawa Barat 5-0 pada siang hari tadi di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang. 

Untuk penghargaan pemain terbaik jatuh kepada pemain Papua, Yudith Herlina Sada. Sedangkan top scorer diraih pemain Bangka Belitung, Rani Mulyasari. Tim fair play disabet oleh tuan rumah Sumatera Selatan. 

Piala Pertiwi 2017 kali ini sekaligus dijadikan ajang Test Event Road to Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Sebanyak 12 tim dari berbagai provinsi ikut ambil bagian dalam turnamen sepakbola wanita tertinggi di Indonesia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya