Pemain ke Luar Negeri, Menpora dan Ketum PSSI Beda Pendapat

Menpora Imam Nahrawi bertemu Ketua Umum PSSI Letjen Edy Rahmayadi
Sumber :
  • Kemenpora/Naif Al'as

VIVA – Polemik larangan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi soal pemain tim nasional Indonesia yang akan mengembangkan karier di luar negeri terus berlanjut. Kini, giliran Menteri Pemuda dan Olahraga, atau Menpora, Imam Nahrawi, yang angkat suara.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Menurut Imam, pemain yang mendapat kesempatan bermain di luar negeri tidak bisa dilarang. Karena, mereka sudah menatap karier profesionalisme.

"Ya, ini kan sudah profesional ya. Tidak ada larangan untuk bermain di liga negara lain. Silahkan saja," kata Imam di Yogyakarta, Sabtu 16 Desember 2017.

Tingkatkan Prestasi Pemuda dan Olahraga Nasional, Menpora RI dan Dispora DKI Berkolaborasi

Justru, dia mendorong, agar para pemain bisa terus mencicipi kompetisi di luar negeri. Dan, kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan baik.

Yang terpenting baginya, ketika pemain tersebut mendapat panggilan dari Timnas Indonesia harus mau pulang. Sebab, itu merupakan kepentingan negara.

Asosiasi Olympian Indonesia Gelar Aksi Sosial

"Demikian pula, kita juga tidak bisa melarang pemain timnas main di liga negara lain. Namun, harus dengan catatan jika mereka dibutuhkan oleh negara, maka harus pulang," tambahnya.

Polemik larangan Edy muncu,l ketika memanggil Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn ke Makostrad, Gambir, Jakarta, beberapa waktu lalu. Hal itu menyusul, keduanya menandatangani kontrak dengan klub asal Malaysia, Selangor FA.

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

DPR RI menggelar rapat kerja Komisi X bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendiskusikan pemberian rekomendasi Maarten Paes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024