Kelelahan, Biang Kegagalan Timnas Inggris di Piala Dunia

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (jas biru)
Sumber :
  • FA.com

VIVA – Sudah lebih dari 50 tahun Timnas Inggris selalu gagal tampil maksimal di Piala Dunia. Meski punya sederet pemain jempolan, armada The Three Lions bak kehilangan sentuhan saat berlaga di ajang sepakbola paling prestisius di muka bumi.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Terakhir kali Inggris juara Piala Dunia adalah pada 1966. Sudah sangat lama. Selama itu pula Inggris tak mampu bersaing dengan negara-negara elite sepakbola dunia. 

Ternyata, ada satu masalah yang sebenarnya sudah dihadapi banyak pelatih Timnas Inggris. Masalah itu adalah kelelahan para pemain. Hal ini diungkap oleh mantan pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Eriksson yang pernah menukangi Timnas Inggris periode 2001 hingga 2006 tahu betul masalah kelelahan para pemain Inggris. Diungkap Eriksson, dengan banyaknya kompetisi domestik yang ada di Inggris, membuat para pemain kelelahan saat berlaga di Piala Dunia.

Apalagi, para pemain andalan Timnas Inggris rata-rata bermain juga di kompetisi level Eropa. Dengan tiga kompetisi domestik, dan satu kompetisi Eropa, jelas stamina pemain bakal terkuras habis. Apalagi, waktu istirahat para pemain ini sangat kurang. Eriksson yakin, pelatih Inggris saat ini, Gareth Southgate, akan menghadapi masalah yang sama seperti saat ia menangani Tim Tiga Singa dulu.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

"Saya yakin (pemain Timnas Inggris akan kelelahan di Piala Dunia). Saya kira pelatih Inggris sebelum saya dan pasti setelah saya selalu memiliki masalah yang sama. Saya harap saya salah. Tapi saya pikir, Gareth Southgate akan menghadapi masalah itu juga," ujar Eriksson kepada BBC.

"Jika Anda bermain di Premier League, Anda memainkan banyak pertandingan. Ada dua piala domestik yang besar. Sebagian besar pemain (Timnas) Inggris bermain di (kompetisi) Eropa dan liga yang sangat keras. 

Harry Kane cs tergabung di Grup G Piala Dunia 2018 Rusia. Inggris akan melakoni laga perdana Grup G Piala Dunia 2018 kontra wakil Afrika, Tunisia, 18 Mei 2018 di Volgograd Arena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya