Kroasia Akhiri Kutukan Tuan Rumah, Rusia Gagal Lanjutkan Tuah

Timnas Kroasia
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Kroasia secara dramatis lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Mereka berhasil memastikan tempat di semifinal setelah mengalahkan Rusia di Fisht Stadium, Sochi, Sabtu 7 Juli 2018 atau Minggu dini hari WIB, lewat babak adu penalti 4-3 (2-2).

Hasil Lengkap: Timnas Indonesia Cuma Imbang, Jerman Dibekuk Austria

Melaju ke semifinal, artinya Kroasia menyamai prestasi yang sempat mereka torehkan pada Piala Dunia 1998, Prancis. Kala itu, mereka juga mampu menembus semifinal.

Sayangnya, di semifinal, mereka kalah dari tuan rumah Prancis. Dan, hanya mampu menempati peringkat ketiga setelah menang atas Belanda.

Hasil Lengkap Sepakbola: Timnas Spanyol dan Kroasia Pesta Gol, Portugal Menang Tipis

Bukan soal mengulang prestasi manis di 1998. Kemenangan atas Rusia juga  mengakhiri kutukan Kroasia saat jumpa tim tuan rumah.

Sebelum menang atas Rusia, dilansir Opta, Kroasia sebenarnya diikuti oleh catatan buruk saat jumpa tim tuan rumah di Piala Dunia. Dalam dua pertemuan dengan tim tuan rumah di Piala Dunia, Prancis pada 1998 dan Brasil di 2014, Kroasia selalu kalah.

Girangnya Benteng Baru Manchester City Tak Hadapi Haaland Lagi

Dan kemenangan atas Rusia, menjadi yang pertama bagi Kroasia ketika jumpa tuan rumah di Piala Dunia.

Di sisi lain, Rusia gagal melanjutkan tuah tuan rumah. Sebelumnya, lima negara tuan rumah yang mencapai perempatfinal Piala Dunia, Italia (1990), Prancis (1998), Korea Selatan (2002), Jerman (2006), dan Brasil (2014), selalu berhasil masuk ke semifinal.

Cuma Rusia saja yang tak bisa menyamai rekor kelima negara tersebut.

"Kami kembali melewati drama. Kami tak bisa bermain bagus di babak pertama, gagal mengendalikan permainan. Di babak kedua, kami bermain lebih baik. Sayangnya, tak bisa menyelesaikan pertandingan di waktu normal," kata gelandang Kroasia, Luka Modric, dilansir situs resmi FIFA.

"Kaki kami sudah di semifinal. Targetnya adalah ingin menikmati permainan. Ada waktu istirahat yang cukup bagi kami menyiapkan diri lebih baik lagi," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya