Bek Kroasia Dapat Peringatan dari FIFA

Bek Kroasia Domagoj Vida saat merayakan gol ke gawang Rusia.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Komite Disiplin Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) memberikan peringatan keras untuk bek Kroasia Domagoj Vida yang merekam video memuji Ukraina usai kalahkan Rusia.

Hasil Lengkap: Timnas Indonesia Cuma Imbang, Jerman Dibekuk Austria

Video Vida ini diduga berbau politik. Sesuatu yang diharamkan FIFA. Vida diduga menyindir Rusia yang terlibat konflik bersenjata dengan Ukraina sejak 2014.

Dalam video itu, Vida berkata, 'Glory to Ukraina' sebelum mantan rekannya di Dynamo Kiev melanjutkan, 'Kemenangan ini untuk Dynamo dan Ukraina. Go Kroasia'.

Hasil Lengkap Sepakbola: Timnas Spanyol dan Kroasia Pesta Gol, Portugal Menang Tipis

Belum diketahui pasti, apakah mereka membuat video ini untuk konsumsi publik, atau hanya pesan pribadi ke seseorang yang akhirnya diunggah ke YouTube. 

"Kami menyatakan bahwa Komite Disiplin FIFA telah memberikan peringatan kepada pemain Domagoj Vida," bunyi pernyataan resmi FIFA dilansir Skysports.

Girangnya Benteng Baru Manchester City Tak Hadapi Haaland Lagi

"Peringatan ini terkait video pernyataannya usai pertandingan Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia," lanjut FIFA.

Sementara itu, Vida membantah jika video itu menjadi sindiran untuk Rusia. Dia mengatakan, video itu ditujukan untuk mantan rekan-rekannya di Dynamo Kiev.

"Tidak ada politik dalam sepakbola. Itu hanya lelucon untuk teman saya di Dynamo Kiev. Saya cinta orang-orang Rusia dan saya cinta orang-orang Ukraina," kata Vida.

Sebelum memperkuat Besiktas di tahun 2018 ini, bek berusia 29 tahun tersebut memang menghabiskan lima tahun kariernya di Dynamo Kiev (2013-2018).

Vida sendiri menjadi salah satu kunci kemenangan Kroasia atas Rusia dalam darama adu penalti 4-3 (2-2) di perempat final Piala Dunia 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya