Permainan Timnas U-23 Belum Lepas

VIVAnews - Indonesia gagal meraih kemenangan perdana di babak penyisihan Grup B SEA Games Laos 2009. Menghadapi Singapura di National Stadium, Vientiane, Indonesia dipaksa bermain imbang 2-2.

Pertandingan yang disaksikan oleh hampir 15 ribu penonton ini sebenarnya berjalan menarik. Namun Indonesia yang terlihat tegang di babak pertama harus menanggung akibatnya.

Dua gol berturut-turut berhasil diceploskan Singapura ke gawang Frengky Irawan. Gol pertama lewat tercipta lewat tandukan Muhammad Safuwan pada menit ke-7. Sedangkan gol kedua lahir dari kaki Mohammad Saiful bin Esah Nain pada menit ke-24.

Duet Boaz Solossa Engel Bert tak mampu berbuat banyak. Keduanya mendapat penjagaan yang ketat dari pemain belakang lawan.

Beruntung pemain-pemain tengah Indonesia mau tampil ekstra dalam membantu serangan. Hasilnya, pada menit ke-42 Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol Stevie Bonsapia pada menit ke-42 memanfaatkan umpan Sultan Samma.

Di babak kedua Indonesia lebih percaya diri. Setelah duet Boaz dan Engel Bert mengacaukan barisan pertahan Singapura, Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Rendy pada menit ke-66.

Manajer Timnas U-23, Andi Darussalam tak mampu menyembunyikan kekecewaannya. Menurutnya Indonesia seharusnya mampu memetik tiga angka seandainya bermain lebih tenang.

"Ada sekitar empat peluang emas yang gagal menjadi gol. Padahal di babak kedua, Singapura sudah kehabisan tenaga. Sayang, anak-anak kurang tenang. Selain itu, mereka kurang berani bermain cepat dari kaki ke kaki,” ujar Andi Darusalam lewat rilisnya kepada wartawan.

Meski demikian, Salam tetap mensyukuri hasil imbang ini. "Paling tidak dengan hasil ini peluang kita ke semifinal masih terbuka lebar. Saya berharap pada laga selanjutnya, anak-anak tampil lebih baik lagi dan bisa meraih kemenangan,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Alberto Bica, pelatih Indonesia . Menurutnya, pemain asuhannya masih kurang tenang saat menyerang dan bertahan.

"Secara umum sebenarnya kami tampil bagus. Tetapi di awal pertandingan, para pemain memang nervous sehingga mereka sulit mengembangkan permainan. Ini tidak boleh terjadi lagi saat menghadapi Laos dan Myanmar nanti,” katanya.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini
Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024