Rekor Beringas Tottenham Lawan Tim Jerman, Leipzig Masih Bau Kencur

Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@SpursOfficial

VIVA – Tengah on fire di kompetisi domestik, Tottenham Hotspur bakal mendapat ujian berarti saat menghadapi wakil Jerman, RB Leipzig. Kedua tim bakal bentrok dalam laga leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2019/2020, Kamis 20 Februari 2020.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Menurut data Premierleague.com, pasukan Jose Mourinho belum terkalahkan dalam lima laga terakhirnya di Premier League. Empat pertandingan diantaranya dimenangkan secara beruntun oleh Hugo Lloris cs. Salah satunya, The Lilywhites mampu menumbangkan Manchester City 2-0 awal Februari lalu.

(Baca Juga: Bikin Rekor Lagi, Haaland Bomber Ingusan yang Brilian)

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Sebalinknya, dilansir Bundesliga.com, Leipzig yang sempat memuncaki klasemen Bundesliga, justru malah tampil tak konsisten dalam empat laga terakhirnya. Hanya menang satu kali, dua kali seri, dan menelan satu kekalahan, membuat anak asuh Julian Nagelsmann harus rela kehilangan posisi teratas lantaran disalip Bayern Munich.

Para pemain RB Leipzig merayakan gol

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Akan tetapi, Liga Champions jelas berbeda. Tottenham yang berstatus runner-up musim lalu wajib tampil maksimal, apalagi Dele Alli cs akan bermain di depan puluhan ribu suporternya.

Uefa.com mencatat, Tottenham punya pengalaman dan statistik yang cukup baik saat berhadapan dengan wakil-wakil Jerman. Empat kemenangan berhasil diraih, dan hanya satu kali menelan kekalahan. Empat kemenagan dibukukan armada London Utara saat jumpa Borussia Dortmund. Sementara satu kekalahan didapat Tottenham kala jumpa Bayern di fase grup musim ini.

(Baca Juga: FAKTA: Liverpool Susah Menang Kalau Kejebolan Duluan)

Di sisi lain, Leipzig bisa dikatakan belum teruji sepenuhnya. Meski berstatus sebagai juara Grup G, lawan-lawan yang dihadapi terbilang bukan tim yang tangguh semisal Olympique Lyon, Benfica, dan Zenit Saint Petersburg. Timor Werner cs bahkan sempat kalah saat menghadapi Lyon pada matchday 2 di kandang, Oktober 2019 lalu.

Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho

Satu fakta lainnya yang juga menguntungkan Tottenham adalah, Leipzig belum sekali pun jumpa tim asal Inggris di Liga Champions. Maklum saja, ini baru musim kedua bagi armada Die Roten Bulen berlaga di kompetisi Benua Biru, setelah debut pada musin 2017/2018.

"Leipzig memiliki kekuatan tim yang sangat baik, pemain yang sangat baik, dan tentu saja klub yang muncul tanpa sejarah seperti tim besar lainnya, tetap punya potensi. Mereka ada di posisi pertama (klasemen) Bundesliga selama berbulan-bulan," ujar Mourinho dikutip BBC.

(Baca Juga: Kutukan 16 Besar, PSG Tim Bertabur Bintang yang Menyedihkan)

Sementara itu, Nagelsmann yang sering disebut sebagai "Baby Mourinho" mengutarakan pandangannya soal laga nanti. Buatnya, duel ini adalah pertarungan Tottenham melawan Leipzig, dan tidak ada sangkut pautnya dengan persaingannya dengan Mourinho.

Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann

Sebab bagi Nagelsmann, Mourinho adalah sosok yang sangat ia hormati. Terlebih, secara pengalaman manajer berpaspor Potugal itu pernah mengecak dua gelar juara Liga Champions bersama FC Porto dan Inter Milan.

"Besok adalah pertandingan Lepzig melawan Tottenham, dan bukan pertandingan antara Mourinho vs Baby Mourinho," kata Nagelsmann.

(Baca Juga: Wanda Metroplitano, Istana Berubah Neraka Buat Liverpool)

"Saya sangat menghormati Mourinho. Dia telah memenangkan banyak gelar bersama klub-klub besar. Dia pernah dua kali menjuarai Liga Champions. Dia telah membuat jejaknya di sepakbola Eropa, bersama klub-klub besar Eropa," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya