Formula Baru UEFA Demi Selamatkan Liga Champions dan Liga Europa

Trofi Liga Champions
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Tak cuma kompetisi lokal, Liga Champions dan Liga Europa menjadi dua turnamen yang ikut tertunda kelangsungannya selama pandemi virus corona COVID-19 merebak. Namun, baru-baru ini UEFA dikabarkan sedang menyusun rencana baru demi menyelesaikan kompetisi antarnegara di Eropa ini.

Suporter Bayern Munich Dilarang ke Markas Arsenal

Otoritas tertinggi sepakbola Eropa ini dikabarkan sedang mematangkan konsep untuk menyelesaikan turnamen ini pada Agustus mendatang. Waktu itu dipilih sambil menyesuaikan dengan jadwal kompetisi lokal di liga top Eropa yang hampir selesai.

Rencananya, mulai babak perempat final, UEFA hanya akan menggelar satu leg. Biasanya, dalam kondisi normal, babak delapan besar dan semifinal dihelat dua leg.

Jadwal Babak Perempat Final Liga Champions: Manchester City ketemu Real Madrid

Tak cuma itu, demi selesai tepat waktu, UEFA juga akan menerapkan sisa laga di satu kota saja untuk meminimalisir perjalanan. Sebab, akan sangat riskan bagi tim-tim yang berada di Inggris lantaran mereka tak bisa menjadi tuan rumah dikarenakan aturan karantina 14 hari bagi siapa saja yang baru masuk ke wilayah Inggris.

UEFA menargetkan Lisbon (Portugal) dan salah satu kota di Jerman yang masih belum diketahui lokasinya bakal menjadi lokasi paling potensial untuk menggelar sisa turnamen tersebut. Namun, semua itu baru akan diketahui paling cepat 17 Juni mendatang.

Drawing Perempat Final Liga Europa: Liverpool Vs Atalanta dan Duel Wakil Serie A

"Gagasan UEFA adalah memainkan Liga Champions dan Liga Europa, dimulai dari perempat final, digelar satu pertandingan di satu venue walaupun belum ada yang dikonfirmasi," ujar Presiden Getafe, Angel Torres, dikutip Mirror.

"Keputusan baru akan diambil pada 17 Juni mendatang (ketika pertemuan komite eksekutif)," jelasnya.

Liga Champions musim ini masih menyisakan empat partai di 16 besar sebelum masuk ke perempat final, yakni Real Madrid versus Manchester City, Chelsea kontra Bayern Munich, Olympique Lyon melawan Juventus, dan Napoli menghadapi Barcelona.

Sementara, di Liga Europa, Inter Milan kontra Getafe dan Sevilla versus Roma di leg pertama babak 16 besar menjadi dua laga yang tertunda. Selebihnya, leg kedua masih belum digelar sama sekali.

Pada rencana awal, final Liga Champions, musim ini akan dihelat di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul. Sedangkan partai puncak Liga Europa diselenggarakan di Stadion Energa Gdansk, Gdansk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya