Ditekuk Australia, Arab Saudi Tersingkir

Frank Rijkaard
Sumber :
  • REUTERS/Fahad Shadeed

VIVAbola - Selesai sudah pertarungan di putaran III pertandingan Pra Piala Dunia (PPD) 2014. Seperti prediksi semula, tim-tim unggulan yang tersebar di lima grup berhasil menapaki putaran ke IV kualifikasi zona Asia PPD 2014. Kendati demikian, tidak seluruhnya tim yang dijagokan mulus melewati ini. Arab Saudi contohnya, yang terdepak di putaran III.

Kontras dengan hasil yang didapat Irak dan Yordania di Grup A. Mereka berhasil melanjutkan langkahnya dengan menyingkirkan dua kontestan lainnya, China dan Singapura. Irak keluar sebagai pemuncak klasemen usai memukul Singapura 7-1. Sedangkan, Yordania yang duduk di posisi runner-up harus mengakui keunggulan China dengan skor 1-3.

Tim kuat di benua Kuning lainnya, Korea Selatan, juga berhasil melangkahkan ke putaran selanjutnya setelah memastikan diri menjadi juara Grup B. Taeguk Warriors, meraih angka penuh setelah mengalahkan Kuwait, dua gol tanpa balas di pertandingan terakhir. Jejak Korsel diikuti Lebanon yang finis di posisi dua, kendati di pertandingan terakhir mereka harus menyerah di tangan Uni Emirat Arab 2-4.

Beralih ke Grup C, Uzbekistan dan Jepang berhak melaju ke putaran IV. Kepastian ini didapat setelah Uzbekistan tampil terdepan di Grup C usai mengalahkan pesaing terdekatnya, Jepang dengan skor tipis 1-0. Uzbekistan pun tidak terkalahkan di grup ini. Mereka hanya sekali menelan hasil imbang saat bersua Jepang di leg pertama pada 6 September 2011 lalu.

Sementara di Grup D, Australia sukses mengemas 15 poin usai menekuk Arab Saudi di partai terakhir dengan skor 4-2. Arab tersingkir di babak ini setelah duduk di urutan ketiga setelah mengumpulkan enam poin. Arab harus merelakan tiket putaran ke IV kepada runner-up grup, Oman, yang menundukkan Thailand 2-0 di partai terakhir.

Di grup terakhir, Iran sukses berhasil melewati rintangan di Grup E dengan mengemas 12 poin. Tim asuhan Carlos Queiroz itu didampingi Qatar melenggang ke putaran IV. Qatar hampir saja kehilangan kesempatan tampil di Brasil dua tahun mendatang jika tidak bermain imbang 2-2 dengan Iran. Pasalnya, di pertandingan lainnya, Bahrain yang membutuhkan 10 gol untuk lolos ke babak selanjutnya sukses menuntaskan misinya. Bahrain berhasil mencukur Indonesia 10-0 di laga terakhir.(bow)

Red Island, Desa Hantu di Jazirah Arab
Ilustrasi bayi tengkurap.

Setelah 10 Jam, Kembar Siam di Kepala Berhasil Dipisahkan

Operasi ini didanai oleh pemerintah Saudi sebagai bentuk kemanusiaan.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2016