Rekor Buruk Bilbao di Final Masih Berlanjut

Pemain Athletic Bilbao
Sumber :
  • REUTERS

VIVAbola - Final Liga Europa 2011-12 benar-benar menyesakkan bagi Athletic Bilbao. Mereka harus puas menjadi runner-up setelah dikalahkan Atletico Madrid 0-3 Arena Nationala, Bucharest, Rumania, Rabu 9 Mei 2012 (Kamis dini hari WIB). Mimpi untuk merebut trofi Eropa yang pertama pun kandas.

Ini merupakan kegagalan kedua Athletic Bilbao di final Liga Europa. Sebelumnya mereka juga gagal menjadi juara saat melaju ke partai final 1976-77.

Saat itu ajang ini masih bernama Piala UEFA dan menggunakan dua leg. Bilbao harus bertemu Juventus di partai puncak. Di leg pertama yang berlangsung di Stadio Comunale Turin, Bilbao kalah 0-1 lewat gol Marco Tardelli.

Di leg kedua yang berlangsung di San Mames, Bilbao sebenarnya sanggup menang 2-1. Agregat pun menjadi sama 2-2. Namun Juventus yang dipastikan menjadi juara karena unggul produktivitas gol tandang.

Kesempatan memperbaki rekor tersebut sebenarnya bisa dilakukan dini hari tadi. Sayangnya mereka kembali gagal menjadi juara. Catatan tersebut membuat Los Leones menyamai rekor Borussia Dortmund, Olympique Marseille, dan Espanyol yang sempat 2 kali ke final namun gagal juara.

Sebaliknya, Atletico melanjutkan tradisi apik di partai final Liga Europa. Dua kali melangkah ke final, dua kali pula Los Rojiblancos menjadi juara. Sebelumnya mereka sukses menjadi juara Liga Europa 2009-10 setelah menaklukkan Fulham 2-1 di partai final.

Atletico juga melengkapi koleksi gelar internasional mereka. Kini klub ibukota tersebut telah merebut 2 gelar Liga Europa, 1 Piala Winners, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Intertoto, dan 1 Piala Intercontinental.

Atletico Siap Libas Barca dan Madrid Musim Depan
messi hattrick, barca menang tipis atas madrid

'Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa Tidak Layak'

Menurut legenda Barcelona.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016