Khedira Ungkap Kunci Sukses Tim-tim Jerman di Liga Champions

Bayern Munich VS Brossia Dortmund
Sumber :

VIVAbola - Gelandang Real Madrid, Sami Khedira percaya rangkaian sukses klub-klub Jerman di Liga Champions bukan sebuah kebetulan atau keberuntungan belaka. Menurutnya, ini tidak terlepas dari sukses akademi sepakbola Jerman yang melahirkan para pemain muda berbakat.

Memang dalam 10 tahun terakhir, klub Jerman belum ada yang bisa menjuarai Liga Champions. Namun, performa gemilang klub-klub Jerman dalam beberapa tahun terakhir membuat UEFA menambah jatah Jerman menjadi empat klub yang berlaga di ajang ini tiap musimnya.

Dan musim ini menjadi musim pertama sejak 2002, di mana dua klub Jerman sukses melaju ke babak perempat final Liga Champions yakni Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

"Ini bukan kebetulan atau keberuntungan saja," kata Khedira yang juga andalan timnas Jerman seperti dilansir UEFA.

"Schalke juga nyaris melaju ke babak perempat final. Sayangnya, mereka sedikit kurang pengalaman," tambah Khedira.

Schalke 04 memang nyaris menjadi tim ketiga Jerman yang lolos ke babak ini. Sayangnya, mereka kalah tipis 3-4 dari Galatasaray di babak 16 besar.

"Dortmund dan Bayern sangat kuat. Dan mereka tampil bagus dengan kelas permainan Eropa. Tentu, ini merupakan kelanjutan dari pengembangan sepakbola di Jerman. Akademi sepakbola di Jerman memberikan pendidikan sepakbola luar biasa," lanjutnya.

Dan Khedira yang membela raksasa Spanyol, Real Madrid, sejak 2010 lalu ini merupakan salah satu produk dari akademi sepakbola Jerman. Pemain berusia 25 tahun ini merupakan jebolan akademi sepakbola klub Vfb Stuttgart. (one)

Barcelona dan Dortmund Kejar Striker Timnas Jerman
Henrikh Mkhitaryan

Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?

Mourinho punya hubungan baik dengan CEO Dortmund, Hans Joachim-Watzke.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016