Perbandingan Unik Gianluigi Buffon dan Manuel Neuer

Gianluigi Buffon vs Manuel Neuer
Sumber :
  • FIFA.com
VIVAbola -
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
Juventus akan menghadapi Bayern Munich dalam leg kedua babak perempat final Liga Champions, Rabu 10 April 2013 (Kamis dini hari WIB). Dua penjaga gawang tangguh akan saling membuktikan diri dalam duel di Juventus Stadium itu.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M

Baik Juventus maupun Bayern memang memiliki sosok tangguh di bawah mistar gawang. Bianconeri akan mengandalkan Gianluigi Buffon, sedangkan Manuel Neuer akan mengamankan gawang FC Hollywood.
Juventus Tak Menikmati Untung Besar dari Penjualan Pogba


Berikut fakta-fakta menarik antara Buffon dan Neuer seperti dilansir situs resmi FIFA

Kerabat di dunia olahraga
Buffon: 6, Neuer: 1

Buffon berasal dari keluarga atlet. Ayahnya, Adriano adalah atlet angkat besi, sedangkan ibunya, Maria adalah atlte lempar cakram. Buffon juga punya paman yang merupakan pemain basket, Angelo. Dua saudara perempuannya, Veronica dan Guendalina adalah atlet bola voli Italia. Masih ditambah Lorenzo Buffon, mantan kiper timnas Italia dan AC Milan, yang merupakan sepupu dari kakeknya.


Sementara itu, Neuer hanya memiliki satu kerabat di dunia olahraga. Marcel, adik Neuer adalah wasit di divisi bawah Liga Jerman.


Usia pertama kali jadi kiper
Buffon: 13, Neuer: 4

Buffon berkabung dengan akademi Parma dalam usia 13 tahun pada 1991. Saat itu dia berposisi sebagai geladang dan sesekali menjadi penyerang.


Parma mengalami krisis kiper saat sesi latihan. Buffon akhirnya setuju menjadi penjaga gawang dan tampil cemerlang.


Sementara itu Neuer sudah tampil sebagai penjaga gawang, 24 hari sebelum ulang tahunnya yang kelima. Saat itu dia membela timnya menghadapi klub lokal.


Penampilan internasional
Buffon:
126 kali, sejak 1996
. Neueur:
38 kali sejak 2009

Laga melawan Malta di Para Piala Dunia 2014 lalu merupakan penampilan ke-126 Buffon bersama timnas Italia. Rekor itu hanya kalah dari Fabio Cannavaro (136 caps).


Neuer juga mencatat rekor tersendiri saat membela Jerman menghadapi Kazakhstan akhir bulan lalu. Saat itu hanya berselang sehari sebelum ultahnya ke-27. Dia menjadi kiper kedua termuda Jerman yang mencapai 38 laga, di bawah Ilgner (25 tahun).


Rasio kebobolan di pentas internasional
Buffon:
0,77 (97 dalam 126 laga)

Neueur:
0,84 (32 dalam 88 laga)

Buffon telah melakukan 58 kali clean sheet bersama timnas Italia, sementara itu Neuer dalam 15 laga. keduanya hanya sekali kebobolan lebih dari 3 gol dalam 1 pertandingan.


Buffon kebobolan 4 gol saat Italia kalah 0-4 dari Spanyol di Euro 2014 Sedangkan Neuer kebobolan 4 gol saat Jerman ditahan Swedia 4-4 di Pra Piala Dunia 2014.


Ranking dalam kiper termahal sepanjang sejarah:
Buffon: 1, Neuer: 2

Saat pindah dari Parma ke Juventus pada 2001, Buffon mencatat rekor sebagai kiper termahal di dunia. Juventus sampai harus mengeluarkan dana €54 juta untuk memboyong Buffon.


Sementara itu, nilai transfer Neuer dari Schalke ke Bayern Munich pada 2011 hanya kalah dari David De Gea. Namun nilai transfer Neuer bisa naik menjadi €33 juta tergantung kesuksesan FC Hollywood.


Rekor head to head: 1 menang, 1 imbang, 1 kalah

Kedua pemain ini pertama kali bentrok di laga persahabatan 2011. Buffon harus kebobolan lewat gol Miroslav Klose, namun gawang Neuer juga bergetar setelah Giuseppe Rossi mencetak gol. Skor imbang 1-1.


Pertemuan kedua saat Italia menghadapi Jerman di semifinal Piala Eropa 2012. Dua gol Mario Balotelli membungkam Neuer dan membawa Italia menang 2-1. Pertemuan terakhir adalah minggu lalu, saat Juventus harus kalah 0-2 dari Bayern Munich.


Gelar Besar
Buffon: 7, Neuer: 3

Gelar pertama Buffon adalah Piala Eropa U-21 bersama timnas Italia pada 1996. Dia juga sanggup tidak kebobolan selama 453 menit saat membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Di level klub, kiper 35 tahun ini telah merebut Piala UEFA dan Coppa Italia bersama Parma, dan 3 Scudetto bersama Juventus.


Sementara itu prestasi pertama Neuer adalah membawa Jerman juara Piala Eropa U-21 pada 2009. Dia sanggup clean sheet 4 kali dalam 5 pertandingan. Di level klub, Neuer sukses merebut DFB Pokal bersama Schalke pada 2011. Yang terbaru, dia sukses membawa Bayern Munich memastikan gelar Bundesliga musim ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya