Der Klassiker, Persaingan Sengit Bayern Vs Dortmund

Bayern Munich VS Brossia Dortmund
Sumber :
VIVAbola -
Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?
Jika La Liga Spanyol punya El Clasico, maka Bundesliga juga punya laga klasik yang tak kalah sengit. Laga ini mempertemukan Bayern Munich dan Borussia Dortmund atau dikenal dengan sebutan Der Klassiker.

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Persaingan kedua tim ini sudah sampai ke Eropa atau Liga Champions. Mereka akan bertemu dalam partai final di Wembley, 25 Mei 2013. Namun sebelum itu, mereka akan saling berhadapan dalam lanjutan Bundesliga malam ini, Sabtu 4 Mei 2013 (
Barcelona dan Dortmund Kejar Striker Timnas Jerman
kick off pukul 23.30 WIB).


Bayern dan Dortmund beberapa kali terlibat langsung dalam persaingan liga domestik. Persaingan semakin sengit di tiga musim terakhir. Dortmund sukses mengusik dominasi Bayern di Bundesliga dengan menyabet dua gelar beruntun pada 2011 dan 2012. Namun musim ini Bayern membuktikan diri lebih baik dari sang rival, dengan menjadi juara saat liga masih menyisakan 6 partai.


Kedua tim sempat bertemu di partai final DFB-Pokal atau Piala Jerman 2008 dan 2012. Kekalahan Bayern dengan skor 2-5 di partai final menyisakan luka sendiri. Sebab itu adalah kekalahan terbesar Die Roten di partai puncak.


Persaingan kedua tim juga sempat terjadi di Partai Super Jerman atau DFL-Supercup. Di ajang ini Bayern dan Dortmund sempat bertemu pada 1989, 2008, dan 2012.


Sementara itu di Liga Champions, sebelum di partai final musim ini, Bayern dan Dortmund juga sempat saling berhadapan pada musim 1997-98. Saat itu laga berlangsung dengan sengit. Leg kedua di Westfalenstadion harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu setelah imbang 0-0 selama 90 menit. Sebelumnya skor 0-0 mengakhiri laga di Olympiastadion.


Pertandingan akhirnya berakhir 1-0 untuk kemenangan Dortmund. Gol Stephane Chapuisat menit 109 memastikan langkah Die Schwarzgelben ke semifinal.


Di Bundesliga malam nanti, pertandingan memang tak akan berarti apapun. Bayern sudah memastikan diri sebagai juara dengan keunggulan 20 poin atas Dortmund di peringkat kedua. Dortmund juga sudah menyegel posisi
runner-up
. Namun laga dipastikan akan sengit apalagi ini bisa dikatakan gladi resik final Liga Champions.


Duel ini juga diwarnai hubungan panas kedua tim menyusul upaya Bayern menggembosi kekuatan Dortmund dengan membajak sejumlah pemain kunci mereka. Salah satunya adalah Mario Goetze yang diklaim Bayern telah sepakat hijrah ke Allianz Arena musim panas ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya