8 Fakta Penting Usai Munich Rebut Trofi Liga Champions

Bayern Munich juara Liga Champions 2012/2013
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples
VIVAbola
Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?
- Bayern Munich sukses merebut gelar Liga Champions 2012/2013 usai mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 di final yang berlangsung di Wembley, Sabtu 25 Mei 2013 waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Berikut ini adalah 8 fakta menarik usai Munich menjadi juar Eropa untuk kali kelima seperti dikutip dari
Barcelona dan Dortmund Kejar Striker Timnas Jerman
Opta :


1.
Setelah bermain di tiga final Liga Champions (2010, 2012, 2013), Arjen Robben akhirnya berhasil mencetak gol melalui tendangan ke-25. Winger asal Belanda itu juga untuk kali pertama musim ini menciptakan satu gol dan satu assist dalam sebuah pertandingan Liga Champions.


2.
Pelatih Munich, Juup Heynckes (68 tahun), menjadi pelatih tertua kedua yang mampu memenangi trofi Liga Champions. Heynckes hanya kalah dari Raymond Goethals yang berusia 71 ketika menjadi juara bersama Marseille musim 1992/1993.


3.
Heynckes merebut trofi kedua Liga Champions, setelah sebelumnya menjadi juara bersama Real Madrid pada 1998. Dengan demikian, Heynckes menyamai rekor Hernest Happel, Ottmar Hitzfeld dan Jose Mourinho, sebagai pelatih yang mampu merebut gelar Liga Champions bersama dua tim berbeda.


4.
Munich berpeluang untuk menjadi tim Jerman pertama yang mampu merebut treble (Bundesliga, Piala Liga dan Liga Champions). Die Roten akan menghadapi VfB Stuttgart pada final Piala Liga (DFB Pokal) di Berlin, 1 Juni 2013.


5.
Dari 41 pertandingan di Bundesliga dan Liga Champions musim ini, Munich tidak pernah kalah jika unggul lebih dulu. 39 di antaranya berakhir dengan kemenangan, dua lainnya berakhir imbang.


6.
Layaknya pemain asal Spanyol lainnya, gelandang Munich, Javi Martinez, punya akurasi umpan yang bagus. Martinez menjadi pemain dengan akurasi umpan terbaik di final dini hari tadi. Martinez hanya gagal menyelesaikan umpan tiga kali dari 39 percobaan (92 persen).


7.
Kiper Munich, Manuel Neuer, benar-benar diuji Dortmund. Untuk kali pertama di semua kompetisi musim ini, Neuer harus melakukan lima kali penyelamatan sepanjang babak pertama.


8.
Pelatih Dortmund, Juergen Klopp, ternyata berjudi dengan menjadikan Ilkay Gündogan sebagai eksekutor penalti di final. Pasalnya, ini adalah kali pertama Gundogan mencetak gol di pentas Liga Champions. Gundogan juga menjadi Dortmund ketiga yang mencetak gol melalui penalti di Liga Champions, setelah Michael Zorc dan Mats Hummels. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya