All Spanish-Final Ketiga Sepanjang Sejarah Liga Champions

Para pemain Real Madrid.
Sumber :
  • Reuters / Paul Hanna

VIVA.co.id – Sejarah terjadi usai Real Madrid mengalahkan Manchester City 1-0 di semifinal Liga Champions, Rabu 4 Mei 2016 (Kamis dini hari WIB). Hal ini menciptakan final sesama Spanyol, atau all Spanish-final di San Siro, Milan, 28 Mei 2016 mendatang.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Madrid akan menghadapi rival sekota, Atletico Madrid di partai puncak. Ini merupakan all-Spanish final ketiga sepanjang sejarah Liga Champions. Menariknya, Los Blancos selalu terlibat dalam tiga final tersebut.

Final sesama Spanyol pertama terjadi di musim 1999/2000. Madrid keluar sebagai juara usai menekuk Valencia 3-0 di Stade de France, Saint-Denis. Gol-gol dari Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raul Gonzalez menunjukkan keperkasaan Los Blancos.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Selanjutnya, El Derbi Madrileno atau Derby Madrid tersaji di final Liga Champions 2013/14. Madrid sukses menyabet La Decima, atau gelar Liga Champions ke-10, usai menumbangkan Atletico Madrid 4-1 di Estadio da Luz, Lisbon, lewat babak tambahan waktu.

Dua musim berselang, Derby Madrid kembali tersaji di final Liga Champions. Menarik disimak, apakah Madrid akan meraih La Undecima alias gelar ke-11, atau Atletico yang menyabet trofi Si Kuping Besar untuk kali pertama.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Spanyol menjadi satu-satunya negara yang mampu menampilkan final senegara lebih dari satu kali. Italia hanya mampu sekali, saat AC Milan mengalahkan Juventus lewat adu penalti di final 2002/03. Sedangkan final sesama Inggris, terjadi pada 2007/08, saat Manchester United menaklukkan Chelsea lewat adu penalti.

Jerman pernah menyajikan final senegara di musim 2012/13. Bayern Munich menaklukkan Borussia Dortmund 2-1 di Wembley. (asp)

Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Mikel Arteta menolak anggapan anak asuhnya mengalami kemerosotan performa secara drastis. Anggapan itu muncul setelah mereka kalah di Premier League dari Villa dan Bayern

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024